26.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Mahasiswa Unram Sukses Tanam 1000 Pohon

Aji Zarkasyi: Kegiatan penanaman pohon bertujuan meningkatakan kesadaran masyarakat tentang go green 

Lombok Utara, MEDIA – Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) sukses menyelenggarakan penanaman 1000 pohon.

Penanaman tersebut dilakukan kelompok KKN Tematik Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Selasa (11/1). Menggandeng Dinas Kehutanan, KPH Rinjani dan seluruh jajaran pengurus desa setempat, mahasiswa menanam 1000 pohon di Mata Air Lokok Bikuk, Desa Gumantar.

Ketua KKN Desa Gumantar, Aji Zarkasyi menjelaskan, Kabupaten Lombok Utara memiliki urgensi terhadap kebutuhan penanaman pohon yang cukup tinggi.

“Ditinjau dari beberapa desa seperti Desa Gumantar, akses terhadap air cenderung terbatas,” katanya.

Ditambah lagi, lanjut Aji, di seluruh bagian di Pulau Lombok serempak memasuki musim hujan. Oleh karena itu, perlunya peningkatan jumlah pohon yang ada agar penyerapan air optimal.

Pose mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara dengan berbagai pihak. (MD/ist)

Berangkat dari kepedulian tersebut, dia dan kelompoknya berinisiatif mengadakan program kerja menanam pohon.

“Kegiatan Gerakan Penanaman Bersama Menuju NTB Hijau Alhamdulillah berjalan lancar,” ungkapnya.

Aji juga mengatakan, selain membantu dalam penyerapan air, penanaman pohon juga berfungsi menjaga struktur tanah. Kemudian, mencegah erosi saat hujan dan menghindari bencana alam.

“Terutama tanah longsor terlebih lagi saat ini curah hujan yang cukup tinggi,” katanya.

Lebih jauh Aji mengatakan, penanaman 1000 pohon rencananya akan dilaksanakan seminggu sekali. Penanaman selanjutnya rencananya akan dilakukan di area hutan adat. Kemudian di lahan gersang, di pinggir laut, di sepanjang jalan, dan di sekitar lingkungan sekolah.

Jenis pohon yang ditanam pun beragam, mulai dari Mahoni, Jati, Graha, Beringin, dan berbagai macam jenis lainnya.

“Penanaman selanjutnya kami berencana bekerja sama dengan Ketua Remaja setempat yang berlokasi di sekitar Air Terjun Desa Gumantar jika tidak ada halangan,” jelasnya.

Kedepannya, dia dan kelompoknya berencana melibatkan lebih banyak berbagai pihak, dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya go green di tengah masyarakat meningkat.

Dalam acara tersebut,  turut dihadiri kepala dusun, remaja dan masyarakat Desa Gumantar. (kaw)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles