25 C
Mataram
Thursday, June 13, 2024
spot_img

Adakan Sosialisasi, KKN Desa Sekotong Tengah Olah Mangrove Jadi Kopi

Lobar, MEDIA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Universitas Mataram (Unram) Desa Sekotong Tengah Periode 2022/ 2023 melaksanakan Sosialisasi “Pemanfaatan Buah Mangrove menjadi Olahan Kopi Herbal yang kaya akan khasiat,“ Kamis (9/2).

Kegiatan tersebut mengahadirkan dua pemateri yaitu Mohammad Dida Ariannov selaku barista kopi di Kedai Pendopo Kopi dan Yuliana selalu penanggungjawab proker kopi mangrove. Dan  dibuka oleh Sekretaris Desa Sekotong Tengah  yaitu Muhammad Rasyid A.Ma.

“Selama ini yang kami tahu mangrove hanya tumbuhan yang dimanfaatkan untuk menahan abrasi laut, namun mahasiswa KKN  Unram dapat mengolah buah mangrove menjadi  kopi,  ini merupakan inovasi yang sangat bagus sekali, Sehingga diharapkan dapat  meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sekotong Tengah,” ungkapnya.

Lalu kegiatan Sosialisasi tersebut dilanjutkan dengan penyampaian ketua  kelompok KKN Terpadu Unram desa Sekotong Tengah, Septriadi Anjaswan. 

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu proker utama mahasiswa KKN terpadu Universitas  Mataram yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sekotong Tengah dan mengenalkan pemanfaatan buah mangrove yang selama ini dibuang percuma, sehingga kami berharap program ini tidak hanya dijalankan oleh mahasiswa KKN saja melainkan dapat di teruskan oleh pihak desa,” jelasnya.

Yuliana selaku pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan materi terkait pemanfaatan buah mangrove, ia menjelaskan bahwa dalam mengolah buah mangrove tidak boleh dilakukan sembarangan karena buah mangrove memiliki kandungan Tanin dan Sianida yang cukup tinggi.

Selain itu juga yuliana mengatakan Buah mangrove yang digunakan yaitu  jenis Rhyzophora Stylosa, mangrove jenis ini kaya akan antioksidan dan serat pangan sehingga dapat mengobati diare, pereda rasa ngilu, penghangat badan, meningkatkan vitalitas pria dan dapat melancarkan haid. Oleh karena itu olahan kopi mangrove memiliki harga jual yang tinggi, olahan kopi mangrove ini sendiri pernah diekspor sampai ke Jepang.

Pemerintah Desa sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di Desa Sekotong Tengah, Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sekotong Tengah dan  turut hadir beberapa Kepala dusun, karang taruna dan Masyarakat. (Zhr/Advetorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles