26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Cegah Stunting, Mahasiswa KKN Unram Desa Padak Guar Berdayakan Pekarangan Rumah Warga

Lombok Timur, MEDIA- Mahasiswa KKN Tematik Unram di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur melakukan kegiatan pemberdayaan pekarangan rumah warga dalam rangka mencegah stunting serta menciptakan makanan bergizi dan seimbang, Kamis(6/30).

Kelompok KKN bertema “Stunting” ini melakukan pemberdayaan Pekarangan Rumah melalui penanaman ratusan bibit pohon seperti nangka, cabai, ceruring, mimba, dan srikaya.

Penanaman bibit ini terbagi ke dalam delapan Dusun yang ada di Desa Padak Guar, diantaranya Dusun Tibu Borok, Dusun Padak Utara, Dusun Purwakarya, Dusun Transad, Dusun Padak Guar I, Dusun Padak Guar, Dusun Dasan Baru, dan Penanaman terakhir di Dusun Padak Selatan.

“Penanaman bibit ini bertujuan untuk menciptakan sumber pangan yang bergizi di pekarangan rumah warga dalam rangka mencegah terjadinya stunting pada anak. Selain itu, penanaman bibit ini juga sekaligus untuk penghijauan lahan pekarangan rumah warga yang kosong agar terlihat asri,” Ungkap Dion Fadilla, selaku Ketua KKN.

“Beberapa bibit tersebut diperoleh dari Balai BPDASHL Dodokan, Moyosari, Pringgabaya, kecuali bibit cabai diperoleh dari tempat persemaian bibit di Rempung, Kabupaten Lombok Timur,” lanjut mahasiswa Teknik Mesin tersebut.

Kegiatan penanaman ratusan bibit tersebut disambut baik oleh warga.

Sulhan Hadi, warga dari Dusun Padak Guar I menegaskan bahwa dari tahun ke tahun yang KKN di Desa Padak Guar, baru kali ini ada yang melakukan pemanfaatan pekarangan rumah seperti ini.

“Saya dan masyarakat lainnya sangat senang dilibatkan,” Ujarnya.

Selain disambut baik, Pemanfaatan pekarangan rumah melalui penanaman bibit tersebut dinilai sangat bagus oleh warga.

“Sangat bagus, melihat pekarangan rumah warga di Desa Padak Guar ini banyak yg kosong, jadi bisa dimanfaatkan untuk tanaman yang bermanfaat seperti cabai, nangka dan srikaya yg penuh akan gizi,” tutur Herman, Warga dari Dusun Dasan Baru.

“Dan semoga stunting dapat berkurang dengan kesadaran warga dalam memanfaatkan tanaman tersebut,” Lanjutnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Kamis di setiap minggunya secara bergiliran dan dimulai pada pukul 09:00 – 12:00 Wita.(Zhr/adv)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles