31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Kelompok KKN-T Unram Desa Pohgading Adakan Sosialisasi Pencegahan Stunting

Lombok Timur, MEDIA – Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Mataram (Unram) Desa Pohgading periode Juni-Agustus 2022  mengadakan sosialisasi pencegahan stunting pada Rabu, (20/6) lalu.

Sosialisasi dengan tema Strategi Pencegahan Stunting Melalui Aksi Bersama Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat serta Gizi Seimbang diadakan di aula Kantor Desa Pohgading, Kecamatan pringgabaya Lombok Timur.

Dalam rangka menyukseskan sosialisasi tesebut Kelompok KKN Tematik Unram Desa Pohgading bekerjasama dengan beberapa lembaga terkait, yang dalam hal ini ada Kepala UPT-DP3AKB Kecamatan Pringgabaya M. Jalaluddin sebagai pemateri stunting, Gizi Lisa Winda Sari, AMG dan I Gusti Ayu, AMG hadir untuk menyampaikan materi terkait Gizi dan pengolahan makanan tepat gizi serta duta Genre Kabupaten Lombok Timur M. Farabi Akmal menyampaikan materi tentang kesehatan reproduksi remaja serta penerapan perilaku hidup bersih (PHBS).

Tujuan sosialisasi itu adalah untuk menambah pengetahuan terkait pengolahan makanan bergizi untuk konsumsi sehari-hari, serta agar nutrisi makanan tetap terjaga sekaligus sebagai upaya pencegahan stunting dengan terpenuhinya gizi yang seimbang.

Selain itu,  sosialisasi ini juga bertujuan agar masyarakat, khususnya Desa Pogading terbiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit.

Kelompok KKN Tematik Unram Desa Pohgading juga mempresentasikan pengolahan makan tepat gizi berupa video pembuatan puding daun kelor untuk mencegah stunting selama kegiatan sosialisasi. Serta memberikan testimoni puding daun kelor kepada seluruh peserta dan pemateri sosialisasi.

Hal terseut diharapkan mampu menjadi referensi bagi ibu-ibu kader posyandu sebagai inovasi dalam membuat makanan tambahan dalam kegiatan posyandu ke depannya.

Sosialisasi pencegahan stunting ini merupakan salah satu program kerja dari Kelompok KKN Unram Desa Pohgading sesuai dengan tema KKN yang diperolehnya yakni “stunting”.

Setelah kegiatan sosialisasi dilakukan, nantinya akan dilanjutkan dengan program kerja puncak Kelompok KKN Tematik Desa Pohgading, yaitu lomba makanan tepat gizi untuk mengasah pengetahuan para kader posyandu terkait materi yang telah disampaikan selama kegiatan sosialisasi berlangsung.

Pencegahan stunting merupakan salah satu fokus pemerintah di desa Pohgading untuk menekan angka stunting. Seperti yang dikatakan oleh Kepala UPT PLKB saat menyampaikan materinya bahwa data data keluarga beresiko stunting di Kecamatan Pringgabaya masih cukup tinggi.

” Oleh karena itu kegiatan pencegahan sangatlah penting,” kata Kepala UPT PLKB saat menyampaikan materinya.

Acara sosialisasi ini turut dihadiri oleh sepuluh kepala wilayah, Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kader posyandu di setiap dusun yang ada di Desa Pohgading. (mrm)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles