28.5 C
Mataram
Sunday, July 14, 2024
spot_img

KKN Desa Kuripan Timur Gandeng Duta Gendre dalam Sosialisasi Pernikahan Dini

Lobar, MEDIA- KKN Tematik Unram Desa Kuripan, tepatnya Kuripan Timur mengadakan sosialisasi tentang pendidikan dengan menggandeng duta Gendre NTB, Ana Octarina, pada Kamis (21/7).

Sosialisasi yang mengusung tema “Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Sekaligus Bahayanya Pernikahan di Usia dini” ini berlangsung di Aula Kantor Desa, pukul 10.00 sampai selesai.

Dihadiri oleh wali murid dari anak-anak usia sekolah yang sebelumnya mengikuti kelas penanggulangan putus sekolah. Program ini juga termasuk program kerja dari mahasiswa KKN Tematik Unram.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga melibatkan para ibu-ibu PKK dan kader Desa Kuripan Timur, yang sekaligus berpeean sebagai pengarah atau menyampaikan hasil sosialisasi pada masyarakat yang lain.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman kepada orangtua khususnya remaja terkait tentang resiko pernikahan atau perkawinan dini. pentingnya upaya-upaya untuk mencegah pernikahan usia dini terjadi, sehingga angka pernikahan usia dini Lombok Barat Khusunya Desa Kuripan Timur dapat teratasi dan remaja yang masih labil baik sikis dan baik psikis dan fisiknya sangatlah penting untuk diberi pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawanan (PUP).

“Ini dilakukan agar para remaja dan orang tua di Desa Kuripan Timur itu memiliki gambaran tentang resiko yang dihadapi dan bagaimana kiat-kiat yang bisa dilakukan agar tidak terjebak dalam pernikahan usia dini ini,” ucap Abd. Rahman Syarif, selaku ketua Kelompok KKN.

Anwar Efendi selaku Kepala Desa Kuripan Timur, memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang di lakukan oleh mahasiswa KKN.

“Hal ini sangat memberikan pengaruh positif terhadap pemikiran para orang tua tentang pentingnya pendidikan anak dan seperti apa batasan-batasan terhadap anak remaja, saya berharap mahasiswa KKN juga bisa ¬†memberikan pencerahan langsung pada anak muda atau remaja,” ujarnya

Di waktu yang bersamaan,  Ana Octarina selaku pemantik sosialisasi, berpendapat bahwasannya sosialisasi ini sangat unik.

“Unik karena orangtua dan anak dilitbatkan langsung, hal ini memungkinkan masyarakat perlahan bisa mengubah pola pikir lebih positif lagi,” jelasnya. (spt/adv)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles