24.5 C
Mataram
Monday, June 17, 2024
spot_img

Keren, Mahasiswa Unram Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

17 Agustus 2021 merupakan hari yang bersejarah bagi Negara Indonesia. Beragam cara yang dilakukan aparat, organisasi, masyarakat dan mahasiswa untuk memperingatinya.

Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Kelautan (Himakel) Universitas Mataram (Unram). Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, mereka mampu mengadakan pengibaran bendera yang unik.

Ya. Mereka mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih bawah laut. Tepatnya di Pantai Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Pagi itu cuaca cerah. Dirangkai dengan pembukaan, Pukul 09.40 Wita, pengibaran bendera di bawah laut dimulai. Bendera warna merah putih itu, berkibar indah di dalam pantai yang merupakan satu destinasi wisata di NTB.

Kegiatan dengan tema “Mewujudkan Rasa Nasionalisme Mahasiswa dan pemuda/i NTB terhadap Bangsa dan NKRI” disaksikan oleh puluhan orang yang ada dibibir pantai.

Ketua Himakel Adam Romara Gulit Rizki menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Penyelam Profesional Pulau Lombok Sumbawa (P3LS), Bank NTB Syariah, Pegawai PT Indonesia Power PLTU Jeranjang OMU,UKM Grahapala Rinjani, Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio), Himpunan Mahasiswa Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (UB), Marine Biology Club (MBC),  Riset Kelautan dan Perikanan (RKP) Unram.

Kemudian, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Wildlife Conservation Society (WCS) NTB dan Komunitas Penyelam (KaPeLa) NTB. “Ada juga Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pandanan, mahasiswa serta dosen ilmu kelautan Unram,” kata Adam.

Dia menjelaskan, dia tidak menyangka puluhan orang akan menyaksikan kegiatannya. “Karena persiapannya hanya satu minggu,” ungkapnya. Menurut Adam, hal itu tidak terlepas dari peran instansi-instansi tersebut.

Menurut pengamatan anggota MEDIA selama di lokasi, setelah pengibaran bendera, pihak Himakel mengadakan lomba untuk anak-anak yang tinggal di sekitar pantai. Dengan menaati protokol kesehatan, masyarakat setempat terlihat sangat berantusias mengikuti rangkaian acara tersebut.

Adam berharap, dengan adanya kegiatan ini, kedepannya Himakel mampu menjalin kerja sama dengan instansi-instansi selam dan karang, khususnya di NTB. “Hal ini bisa menjadi sarana menjalin silaturahmi,” jelasnya. (M)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles