28.5 C
Mataram
Sunday, July 14, 2024
spot_img

KKN Unram Desa Suntalangu Adakan Sosialisasi dan Praktik Pembuatan Briket dari Limbah Bonggol Jagung

Lotim,MEDIA—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN PMD UNRAM) mengadakan sosialisasi pembuatan briket berbahan dasar limbah jangung di Desa Suntalangu, Kecamatan Suele, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Kamis (18/01).

Kegiatan ini diadakan di Aula Kantor Desa Suntalangu pada hari Rabu, 17 Januari 2024. KKN desa Suntalangu menghadirkan 2 pemateri yaitu : Syafii S. Si dan Yusril Ashfahani S.M.

Pemateri Pertama Syafii S.Si mejelakan tentang Proses Pembuatan Briket dari Bonggol Jangung. Pemateri Kedua Yusril Ashfahani S.M. Menjelaskan menejemen Pemasaran.

Sopian Ari Wahyudi Selaku ketua Kelompok KKN Unram Desa Suntalangu melihat bahwa jagung sebagai komoditas pertanian disanadisana dan pemanfaatan bonggol Jangung ini sebagai program Utama dari KKN Mereka.

“Ketika panen jagung kerap tidak dimanfaatkan seluruh bagiannya salah satunya adalah tongkol jagung, sehingga menjadi limbah. Kami berinisiasi untuk mengajarkan kepada masyarakat bagaimana cara menfaatkan limbah tersebut menjadi arang briket yang memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat”.

selain itu Kepala Dusun Lelonggek H. Awal mengapresiasi Program Kerja dari KKN Unram.

“Penjelasan dan Praktik yang didibekan semoga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Secara Berkelanjutan”.

Setelah kegiatan sosialisasi di kantor desa dilanjutkan dengan Praktik Pembuatan Briket. Kegiatan ini dihadiri oleh Pemuda-pemuda desa, kepala-kepala susan, Kepala Desa dan jajaranya. (Albn/advertorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles