20.5 C
Mataram
Friday, June 21, 2024
spot_img

Pemira, Apa Kabar?

Catatan KHAN 

Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemira) Universitas Mataram tahun (Unram) 2021 tidak konsisten. Ketua Komisi Pemilihan Raya Mahasiswa (KPRM) menghilang. Tidak bertanggung jawab. Pihak birokrasi terlalu mengintervensi pesta demokrasi mahasiswa.

Bagaimana tidak? Mekanisme Pemira yang disiapkan KPRM menggunakan sistem offline. Namun, entah mengapa, secara mengejutkan berubah menjadi online.  Hal itu berdasarkan SK Rektor Unram nomor 14122/UN18/HK/2021; Menetapkan Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemira) Universitas Mataram tahun 2021 diselenggarakan secara online/daring.

Itulah sekelumit permasalahan terkait Pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2022. Sistem yang disiapkan KPRM nampaknya tidak berjalan sesuai rencana. Pasalnya, pihak birokrasi terlalu mencampur tangan pesta demokrasi yang diadakan dalam satu tahun sekali ini.

Yang menjadi pertanyaan kita saat ini, di mana Ketua KPRM? Bagaimana responnya terkait hal ini? Apakah ia menyerahkan tugasnya kepada pihak birokrasi?.

Beberapa kali pihak mediaunram.com mencoba menghubungi KETUA KPRM via WhatsApp, namun tidak ada balasan. Hingga tulisan ini muncul, pihak KPRM juga belum memberikan informasi.

Tidak hanya itu, Mahasiswa Unram juga memerlukan pernyataan yang jelas dari pihak KPRM terkait sistem online.  Apakah persiapannya telah “matang”? Mengingat jadwal pemilihan Ketua BEM periode 2022 sudah dekat, yakni 30 Desember 2021.

Jika sudah siap, kenapa tidak ada sosialisasi kepada mahasiswa? Seandainya belum, bagaimana bisa pihak KPRM tetap menargetkan Pemira tetap  dilaksanakan tanggal 30 Desember 2021?

Kita berharap, semoga ada titik terang dari permasalahan Pemira Unram tahun ini. Pemilihan Ketua BEM dapat berjalan lancar sesuai dengan persiapan. Dan, ketua KPRM harus berani muncul ke depan publik, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap mahasiswa. Jika tidak, ia akan dianggap pengecut oleh mahasiswa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles