26.5 C
Mataram
Wednesday, May 22, 2024
spot_img

Penanaman Pohon Sebagai Alternatif Mitigasi Bencana Di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan lingkungan yaitu penanaman pohon. Dimana Penanaman pohon dapat sebagai alternatif mitigasi bencana alam seperti Banjir, Tanah longsor dan kekeringan. Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Matarammenggelar Kegiatan Penanaman Pohon Di Sepanjang Jalan PLTS Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.

“Kegiatan Penanaman Pohon ini kami lakukan untuk merealisasikan kegiatan KKN kami dengan Tema KKN DESTANA (Desa Tangguh Bencana) kami melakukan penanaman pohon sebagai alternatif mitigasi bencana alam yang ada di Desa Padak Guar. Kami mengharapkan penanaman pohon ini dapat bermanfaat bagi lingkungan dan mencegah bencana alam seperti Banjir dan Kekeringan dimasa yang akan datang. Kata ketua KKN Desa Padak Guar, M.Reza Handika

Kegiatan Penanaman Pohon dilakukan Pada Hari Jumat, 14 Januari 2022 yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Dusun Desa Padak Guar, Staff Desa Padak Guarserta Kelompok KKN Tematik Unram Desa Padak Guar.

Dalam sambutan kegiatan Penanaman Pohon, Kepala Desa Padak Guar, Tarmizi S.H, Mengatakan:

Sebanyak 1000 pohon yang kami tanam dari berbagai jenis seperti tanaman trambesi, jamplung dan tanaman buah buhan, yang kami tanam pada hari ini, dan kemudian kita akan jaga dan pelihara dengan baik, agar kelak bisa menjadi ekosistem yang baik untuk wilayah lingkungan Desa PadakGuar. Ungkapnya

Kepala Desa Padak Guar beserta Kepala Dusun Padak Guar mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan Penanaman Pohon yang diadakan oleh Kelompok Mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Padak Guar.

Semoga kedepanya kegiatan penanaman pohon ini dapat memberikan banyak manfaat nyata bagi masyarakat sekitar, mulai dari meningkatnya kesejahteraan hingga terhindar dari bencana banjir, Harap Kades Padak Guar

Sedangkan Sekretaris Desa Padak Guar I Gusti Ngurah Aryawan Asasandi, M.Si mengapresiasi dan menyambut Positif kegiatan Penanaman Pohon ini. Sekretaris Desa berharap kegiatan penanaman pohon ini memiliki tindak lanjut dalam jangka panjang. Ia tidak ingin pohon tersebut hanya sekedar ditanam namun tidak dirawat dengan baik sehingga mati dan tidak dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

“Kita tidak hanya sekadar tahu menanam, tetapi harus tahu cara merawat karena memang kita menyiapkan sesuatu untuk generasi kita yang akan mendatang ini. Jadi kami akan memastikan bahwa pohon yang kami tanam akan kami rawat pohonnya, bukan menanam pohon saja. Kita memastikan pohon yang kita tanam itu hidup,” tutur I Gusti Ngurah Aryawan Asasandi selaku sekdes Desa Padak Guar.

Dengan Dilakukannya kegiatan Penanaman Pohon Di Desa Padak Guar, Mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Padak Guar berharap agar kegiatan Penanaman pohon ini dapat bermanfaat bagi lingkungan desa padak guar dan sebagai alternatif mitigasi bencana dan diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menanam dan merawat pohon dalam menjaga keseimbangan ekologis, serta meningkatkan mutu kualitas lingkungan dan dalam hal pencegahan bencana alam sepertibanjir, tanah longsor, dan kekeringan.

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles