26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Rehabilitasi Lahan Bekas Tambak, Mahasiswa Tanam Ratusan Mangrove

Lombok Timur, MEDIA – Dalam upaya rehabilitasi lahan bekas tambak, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram menanam ratusan bibit Mangrove, Kamis (13/1) lalu.

Kegiatan ini dilakukan di sebuah area bekas tambak di Desa Pare Mas, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Selain dimaksudkan sebagai tindakan rehabilitasi lahan bekas tambak kegiatan ini juga dilakukan untuk menjaga alam dan menyadari pentingnya eksistensi mangrove di daerah tepi pantai.

Hal itu sejalan dengan Peraturan Menteri Kehutanan No.03/MENHUT-V/2004 tentang rehabilitasi yaitu upaya untuk mengembalikan fungsi hutan mangrove yang mengalami degradasi, kepada kondisi yang dianggap baik dan mampu mengemban fungsi ekologis dan ekonomis.

Penanaman dilakukan dengan menggunakan ajir (penyangga) yang dibuat dari bambu untuk membantu bibit tumbuh dengan baik, selain itu penggunaan ajir juga dimaksudkan sebagai penanda dari masing-masing bibit yang ditanam.

Adapun jenis mangrove yang ditanam adalah Rizhophora stylosa dengan menggunakan jarak tanam dua setengah meter. Hal ini bertujuan agar mangrove yang di tanam dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Penanaman mangrove di lakukan di sekitar lokasi ekowisata mangrove Desa Pare Mas, kawasan ekowisata ini menyajikan pemandangan  laut dan mangrove yang menakjubkan.

Objek wisata Desa Pare Mas dikelola langsung oleh pemerintah desa dan warga sekitar untuk dapat menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Setelah melakukan penanaman terhadap bibit mangrove, mahasiswa juga melakukan kegiatan monitoring yang bertujuan untuk memastikan bibit tumbuh dengan baik, hasilnya sebagian besar bibit yang di tanam tumbuh dengan baik, apabila saat monitoring terlihat bibit yang mati dan busuk, maka akan segera di ganti dengan bibit baru.

Dengan dilakukannya penanaman, diharapkan masyarakat menyadari pentingnya keberadaan mangrove di daerah pesisir pantai sebagai upaya pencegahan terhadap bencana, kegiatan ini juga di harapkan dapat dimanfaatkan menjadi potensi wisata baru di Desa Pare Mas, guna meningkatkan kesejahteraan warga dan masyarakat sekitar.

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles