26.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Unram Beri Pelatihan Pembuatan Jamu Desa Setiling

Loteng, MEDIA- Sebuah tim kecil Universitas Mataram adakan pelatihan kepada Ibu-Ibu Desa Setiling, Lombok Tengah dalam pembuatan jamu instan, pada Sabtu (16/7).

Tim kecil ini melibatkan dosen Unram, mahasiswa KKN Tematik (KKN-T) Desa Setiling, serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unram, bekerja sama dengan pemerintahan desa setempat.

Kegiatan yang diikuti oleh 13 orang ibu-ibu desa tersebut, merupakan program rangkaian dari mahasiswa KKN-T yang dilaksanakan oleh Unram dan program pemberdayaan masyarakat yang didanai oleh pemerintag Australia melalui Skema Hibah Alumni (Alumbi Gtant Scheme atau AGS), dan dikekola oleh Australia Awards Indonesia.

Dr. Baiq Yulfia Yanuartati, selaku project leader, berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan produksi dan pendapatan para ibu dan pemuda yang tergabung dalam kelompok pembuatan jamu Senamian di Desa Setiling ini.

“Dengan membuat jamu instan, maka produksi dapat dilakukan kapan saja tanpa takut produksi basi, atau tanpa harus menunggu pesanan terlebih dahulu baru diproduksi,” jelasnya.

Di sela-sela kegiatan, Yanuartati selaku dosen Unram, menambahkan bahwa bentuk jamu instan yang diajarkan ini memberikan peluang untuk memperluas jangkauan pasar nantinya.

Dengan menghadirkan seorang pengusaha jamu dari Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, yakni Abdul Hadi, para ibu yang mengikuti pelatihan mendapatkan penjelasan, motivasi, bahkan praktek. Abdul Hadi menjelaskan cara pembuatan jamu, tips yang mempengaruhi keberhasilan dan kualitas jamu, hingga proses pengemasan. Menariknya, pelatihan ini didominasi dengan praktek yang dilakukan bersama.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, kami merasa senang, sehingga harapan kami nantinya ini kami bisa kembangkan menjadi usaha kedepannya,” ungkap Zen, salah satu peserta.

Tidak hanya itu, Kepala Desa Setiling merasakan damoak positif bagi desa Setiling, “kami mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak unram yang telah memberikan atensi khusus terhadap desa kami, kamu sangat bersyukur kini Stiling bisa dikenal di luar sana,” ucap Lalu Agud Satriaji. (spt/adv)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles