26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

HUT yang ke 5, Himasos: Kebersihan Lingkungan Merupakan Bagian Dari Investasi Masa Depan

Suasana saat mengadakan sosialisasi di Kantor Kelurahan Tanjung Karang. (Foto:Tim)

Media Unram – Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke 5, Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) Universitas Mataram (Unram) sosialisasi kebersihan dan membersihkan pantai Loang Baloq di Kelurahan Tanjung Karang pada Sabtu, (12/10/19).

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan pentingnya menjaga keberhasilan kepada masyarakat,” ungkap salah satu dosen sosiologi, Muhammad Arwan Rosyadi, S.Sos.,M.A dalam sambutannya. Arwan juga mengatakan jika, kegiatan ini merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi. Orang yang biasa disapa Arwan ini juga memberikan saran, masyarakat harus turut menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini turut hadir salah satu perwakilan Dinas Lingkungan Hidup. “Kita, sebagai masyarakat, setiap hari menghasilkan 0.67 kilo sampah. Baik yang disengaja maupun tidak disengaja,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, bahwa sampah yang ada disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya, sampah rumah tangga, sampah kertas, dan yang paling banyak adalah sampah yang di sebabkan oleh bungkus makanan.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga turut hadir perwakilan Dinas Kesehatan. “Tanjung karang menduduki peringkat pertama dalam penyakit Demam Berdarah (DB),”. Dia juga mengadakan bahwa, kebanyakan besar penyakit – penyakit yang ada di masyarakat berasal dari lingkungan. Salah satu penyebabnya adalah sampah. Selain itu, dia juga mengatakan, jika mengkonsumsi air sumur atau air PDAM, sebaiknya direbus terlebih dahulu.

Perwakilan Dinas Kesahatan juga mengatakan cara – cara mengolah sampah yang ada. “Jika tidak bisa membuat kerajinan yang besar, setidaknya kita bisa membuat kerajinan yang kecil – kecil saja. Seperti membuat dari sampah plastik,” sambungnya. 

Sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan membersihkan sampah yang ada di pantai Loang Baloq. Sejak pukul 07.00 Wita, anggota Himasos berkumpul di gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), dan menuju lokasi. (khn) 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles