26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Ini Latar Belakang Acara BKK UPT BKPK Unram Kemarin

Media Unram – Unit Pelaksana Teknis Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir (UPT BKPK) Universitas Mataram (Unram) telah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Konseling Kelompok (BKK) secara daring (23/10) dan luring (26/10).

Kegiatan yang bertema “Psychological First Aid”  ini, melibatkan semua fakultas dan tiga program studi (prodi) di bawah rektor, juga sebagai bentuk sosialisasi, bahwa mereka siap membangun kesehatan mental mahasiswa yang memiliki masalah tidak hanya urusan akademik.

Sebelumnya UPT yang berlokasi di sebelah lantai satu perpustakaan ini telah melakukan penelitian berbasis online, Focus Group Discussion (FGD) tentang permasalahan mahasiswa dengan peserta sekitar 200 mahasiswa.

“Ternyata masalah mahasiswa kita tidak hanya urusan akademik,” kata Kepala UPT BKPK Unram, Pujiarohman, M.Psi, Selasa (3/11).

Pujiarohman, M.Psi., Ketua UPT BKPK Unram. (foto: roy)
Pujiarohman, M.Psi., Ketua UPT BKPK Unram. (foto: roy)

Urusan akademik yang menjadi kompleksitas masalah bagi mahasiswa terdiri dari pelajaran, perkuliahan, tugas, dosen, dosen pembimbing akademik (PA). “Di luar itu, masalah kesehatan, hubungan dengan orang tua, keluarga, pacar, teman, dan lain-lain,” tambah Psikolog Unram itu.

Menurutnya, kompleksitas masalah tersebut akan mempengaruhi mahasiswa untuk berpenampilan bagus dengan indikator jam masuk kuliah, nilai, dan produktifitas mahasiswa.

UPT BKPK hadir untuk mengurus faktor-faktor ini. BKK sebagai program awal untuk membangun sebuah sistem kesehatan mental mahasiswa secara integratif.

Tidak hanya mahasiswa, bulan ini UPT BKPK Unram juga akan mengadakan pelatihan untuk dosen-dosen PA. “Kedepanya, setelah mahasiswa serta dosen PA kita didik, dan kita sudah punya ‘UPT’. Saya membayangkan akan ada Sistem Kesehatan Mental Mahasiswa Integratif,” jelas Puji.

Sistem Kesehatan Mental Mahasiswa Integratif  ini akan mengawal mahasiswa yang sudah terlihat bermasalah di bidang akademiknya. “Atau mahasiswa itu sendiri yang langsung datang ke kami,” pungkas Puji. (roy)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles