24.5 C
Mataram
Thursday, June 13, 2024
spot_img

BEM Faterna Ajak Maba Soroti Teaching Farm Unram

Unram, MEDIA – BEM Fakultas Peternakan (Faterna) Unram mengajak seluruh mahasiswa baru peternakan untuk menyoroti Teaching Farm Unram dengan Study Tour ke Laboratorium Terapan (Teaching Farm) di Lingsar, Lombok Barat, Sabtu (19/8).

 

Menurut Ketua BEM Faterna Unram, Yudiatna Dwi Sahreza, Study Tour ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa baru dalam mengenal laboratorium terapan yang ada di Faterna Unram.

 

 

“Sebelumnya, kami sudah mengajak Maba ini berkunjung ke beberapa laboratorium yang ada di Fakultas Peternakan, diantaranya adalah Lab. Nutrisi Ternak, Lab. Mikrobiologi dan Lab. Teknologi Pengolahan Hasil Ternak, sehingga hari ini kami agendakan pengenalan Lab. Terapan di Lingsar,” tutur Yudi.

 

 

Yudi mengungkapkan akan menargetkan kegiatan ini dapat meningkatkan minat mahasiswa baru untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan perkuliahan, praktikum dan riset ilmiah untuk mendorong keilmuan mahasiswa dalam bidang peternakan. 

 

 

“Hal ini sejalan dengan visi Fakultas Peternakan Unram untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan keterampilan di bidang peternakan serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional” ungkapnya.

 

Ir. Harjono M.P., selaku Ketua Laboratorium Terapan dalam sambutan pembukannya mengatakan laboratorium ini sering digunakan sebagai tempat riset, penelitian dan praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen.

 

 

“Luas lahan laboratorium ini kurang lebih 1 Hektare, dengan bangunan dan lahan lahan yang ditanami oleh hijauan pakan ternak yang berkualitas unggul tentunya,” ucap dosen yang biasa disapa Jon tersebut. 

 

 

Lebih lanjut, dosen hijauan tersebut menuturkan bahwa laboratirum terapan Faterna Unram tidak hanya di Teaching Farm saja, tetapi terletak di Desa Saribaye dan Desa Sambik Elen. 

 

“Luas lahan di Sandongan, Desa Saribaye kurang lebih 1,5 Hektare dan di Desa Sambik Elen seluas 5 Heaktare. Dimana secara keseluruhan ditanamai hijauan pakan ternak seperti, Lamtoro, Turi dan Legium yang memiliki keunggulan dari sisi produksi, kualitas atau nutrisi yang cukup tinggi,” jelasnya.

 

 

Sementara, Dekan Faterna Unram, Prof. Muhamad Ali, S.Pt., M. Si., Ph.D berharap dengan dilaksanakannya study tour ini, mahasiswa mampu mengenal potensi peternakan lebih jauh untuk merintis usahanya.

 

 

“Kita adalah Patriot Pangan Ummat Masa Depan, harus mampu melakukan inovasi untuk menjamin ketersediaan pangan secara berkelanjutan,” terangnya.

 

 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa mengamati alat-alat dan bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan pakan ternak berbentuk pelet dan silase. Mahasiswa juga berkesempatan untuk bertanya langsung kepada ketua dan staf laboratorium mengenai hal-hal yang belum dipahami selama kegiatan berlangsung.

 

 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Faterna Unram dari prodi S1 Peternakan dan prodi D3 Agribisnis Peternakan. (Zhr)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles