29.8 C
Mataram
Monday, February 26, 2024
spot_img

Biaya Daftar Mandiri Meroket, Calon Mahasiswa Baru Unram Diimbau Tunda Pembayaran

Unram, MEDIA – Biaya daftar seleksi mandiri Universitas Mataram tahun 2023 naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Calon mahasiswa baru yang hendak mendaftar diimbau untuk menunda pembayaran, Sabtu (17/6).

Imbauan tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Mahasiswa Unram, Martoni Ira Malik.

“Untuk Camaba tahun 2023 yang ada keringanan dan niat untuk mendaftarkan diri melalui jalur mandiri, kami menghimbau untuk menunda pendaftaran jalur mandiri gelombang pertama ini,” Tegas Martoni.

Menurut Martoni, kenaikan biaya tersebut disebabkan oleh berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2023 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Saya kan sudah chat konfirmasi ke Wakil Rektor 2 terkait kenapa biaya mandiri ini melonjak, tapi oleh beliau saya dikirimkan PP Nomor 22 Tahun 2023,” tuturnya.

Merespon hal tersebut, Martoni menerangkan bahwa BEM Unram, BEM Fakultas se-Unram dan Ormawa se-Unram akan berusaha untuk mencari celah terkait dengan aturan tersebut.

“Kalau dilihat dari PP tersebut ada beberapa celah yang tidak relavan dan konsisten dengan status universitas Mataram yang BLU. Unram tidak melihat berbagai macam aspek di pasal tersebut, baik itu ekonomi dan penjelasan pasal terkait penyelenggaraan perguruan tinggi,” terang Martoni

“Jadinya kan aturan yang diterapkan asal comot, tidak ada pertimbangan sama sekali dari pihak birokrasi Unram,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Presma Unram juga mengungkapkan bahwa ia sudah membuat draf surat untuk menyurati Rektor Unram. Supaya memberikan informasi yang lebih jelas terkait penerapan PP ini, dan dengan tembusan ke berbagai lembaga yang bersangkutan.

“Kita sudah membuat draf surat, Dan rencana kita juga sedang mengalang konsolidasi untuk memperkuat aksi yang akan segera kita laksanakan,” bebernya.

Meskipun biaya daftar melonjak, namun menurut pengakuan beberapa calon mahasiswa baru hal tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya kan udah daftar kemarin sekitar pukul 08.00 Wita, tapi sampai saat ini belum juga ada verifikasi,” Ungkap Tobias, salah satu calon mahasiswa baru jalur mandiri. (Zhr)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles