29.5 C
Mataram
Monday, February 26, 2024
spot_img

Dampak Covid-19, Sosiolog Unram: Kebijakan Pemerintah Menentukan Nasib Ekonomi Indonesia

Ilustrasi corona dan dampaknya bagi ekonomi. (Foto: Ist)

Media Unram – Sosiolog Unram Maya Atri Komalasari, S.Sos, MA, jelaskan dampak  mewabahnya virus Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia.

Seperti yang diketahui, mewabahnya virus corona ini mengakibatkan aktivitas ekonomi banyak terganggu. Terlebih lagi dengan adanya kebijakan untuk membatasi bahkan menutup akses keluar masuk di suatu daerah demi menekan penyebaran virus.

Maya menuturkan, kebijakan pemerintah dianggap memiliki peran penting untuk menangani masalah terkait. “Jika pemerintah mengambil kebijakan dan langkah-langkah yang tepat, tentunya masyarakat akan mengikutinya. Dengan begitu,kestabilan kondisi sosial masyarakat terpenuhi,” katanya.

Sebalikanya, Maya menjelaskan, jika pemerintah masih ragu dalam mengambil kebijakan, atau masyarakat tidak mengikuti kebijakan pemerintah, maka kondisi sosial masyarakat tidak stabil.

Sosiolog Unram, Maya Atri Komalasari, S.Sos, MA.

“Kondisi makin tidak stabil. Karena panik, kondisi masyrakat semakin kacau. Dengan begitu, tentu akan berpengaruh pada perekonomian negara,” lanjut Maya.

Dosen Prodi Sosiologi Unram ini menjelaskan, agar pemerintah  menguatkan ekonomi lokal, seperti UMKM. Karena menurutnya, saat krisis ekonomi, yang lebih mampu bertahan.

“Meskipun hal kecil, tetapi jika dilakukan secara kompak dan bersama-sama, maka hasilnya akan terlihat,” pungkas Maya. (roy)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles