24.5 C
Mataram
Thursday, June 13, 2024
spot_img

DPM FH Adakan Talkshow Bersama KPU dan BAWASLU NTB Bahas Jurist Cerdas Memilih

Unram, MEDIA— Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum (DPM FH) Unram adakan Talkshow Bersama KPU dan BAWASLU NTB bahas Jurist cerdas memilih dalam pesta Demokrasi 2024, Rabu (27/9). 

 

Desti Mala Ayunita selaku ketua panitia acara mengungkapkan tujuan kegiatan ini secara khusus supaya memberikan pemahaman terhadap pentingnya peran mahasiswa dalam pemilu. 

 

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, serta wawasan terkait dengan pentingnya peran serta dan suara dalam PEMILU kepada para mahasiswa yang merupakan para pemilih pemula,” Ucapnya. 

 

Ketua DPM FH Gea Gustianingsih sendiri menerangkan bawa Talkshow ini menjadi sangat perlu bagi mahasiswa terlebih sejak dikeluarkannya putusan MK nomor 65/PUU-XXI/2023.

 

“Mendorong partisipasi gen z untuk ikut andil peran dalam pemilu apalagi sebagai pemilih pemula dan terlebih lagi bahwa di fakultas sendiri memiliki pesta demokrasi setiap tahunnya,” Ucap mahasiswa yang kerap disapa Gea tersebut. 

 

Dalam talkshow ini, turut hadir Ketua KPU NTB, Suhordi Soud SE., MM. dan Ketua BAWASLU NTB, Umar Achmad Seth, SH., MH. Yang sekaligus menjadi pemateri. 

 

Dalam penyampainnya, Ketua KPU NTB menekankan bagaimana pentingnya mahasiswa dalam pesta demokrasi pada tahun 2024 terlebih lagi setelah keluarnya putusan MK yang terbaru. 

 

“Setelah diperbolehkannya berkampanye di perguruan tinggi ini menjadikan mahasiswa memiliki peran sangat penting dalam pemilu 2024 ini,” Kata Ketua KPU saat menyampaikan materi. 

 

Lanjutnya, Mahasiswa seharusnya membuat putusan MK nomor 65/PUU-XXI/2023 menjadi peluang untuk mengambil peran lebih dalam pemilihan 2024 ini, untuk menyeleksi calon-calon yang ada. 

 

“Mahasiswa bisa menghadirkan para calon yang akan berkontestasi dalam pemilu 2024 dan menguji gagasan-gagasan dari para calon,” Sambungnya. 

Tidak hanya itu, Ketua BAWASLU NTB juga menyampaikan bagaimana pentingnya peran mahasiswa dalam pengawasan pelanggaran dari para peserta pemilu. 

 

“Mahasiswa sebagai agen of control, perlu juga mengawasi calon-calon pesta pemilu yang melakukan kecurangan dan menjaga demokrasi kita berjalan dengan baik,” Ujar Ketua Bawaslu saat menyampaikan materi. 

 

Talkshow ini diadakan di Ruang Sidang Utama FH Unram dan diikuti sekitar 100 mahasiswa.(Albn/Advetorial) 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles