26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

FK Unram Mulai Terapkan Kuliah Tatap Muka

Media Unram – Sejak Agustus lalu, Fakultas Kedokteran (FK) sudah mulai melakukan perkuliahan secara tatap muka.

Hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Rektor Nomor 5353/UN18/HK/2020 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan Pada Tahun Akademik (TA) 2020/2021 di Universitas Mataram (Unram) dalam tatanan new normal (kenormalan baru).

Perkuliahan tatap muka ini meliputi praktik di rumah sakit Unram untuk para dokter muda dan praktikum di kampus untuk mahasiswa Program Studi (Prodi) Kedokteran dan Farmasi. Praktikum yang dilakukan secara tatap muka ini merupakan kegiatan perkuliahan yang tidak bisa dilakukan secara dalam jaringan (daring).

“Kalau misalnya perkuliahan atau model praktikum itu tidak bisa dilakukan secara online, maka untuk mencapai kompetensi perkuliahan atau praktikumnya bisa dilakukan secara offline,” beber Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran, Arfi Syamsun saat dihubungi tim Media Unram, Jumat (18/12).

Arfi Syamsun. (MD/ist)

Kemudian lanjut Arfi, meski begitu, sejauh ini tidak semua perkuliahan dan praktikum dilakukan secara tatap muka.

“Mau online atau offline, itu tetap berdasarkan kesepakatan para mahasiswa dengan dosen pengampu masing-masing mata kuliah,” ungkapnya.

Arfi menjelaskan, dalam pelaksaannya, mahasiswa dan dosen diwajibkan melakukan screening virus terlebih dahulu untuk memastikan semuanya dalam keadaan sehat. Setelah itu, diharuskan menerapkan prokotol kesehatan, seperti menggunakan masker dan mencuci tangan. Kemudian, mahasiswa juga dipastikan sudah mengantongi surat persetujuan atau surat izin orang tua terlebih dahulu.

“Kapasitas ruangan kita batasi menjadi 50 persen dari kapasitas biasanya dan digunakan secara bergantian oleh para mahasiswa,” lanjutnya.

Pada akhir penuturannya, Arfi mengungkapkan perkuliahan tatap muka di masa new normal ini memang tidak mudah.

“Selain harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kita juga harus memastikan kompetensi perkuliahan bisa tercapai,” pungkasnya. (el, ra)

Previous article
Next article

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles