26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Kades Sesait Apresiasi Tim PPK Ormawa Unram, Kelompok Tani “Pade Angen” Siapkan Lahan 20 Are

Lombok Utara, MEDIA–Kepala Desa (Kades) Sesait, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, secara resmi membuka dan menerima tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Universitas Mataram (Unram), di Dusun Bat Pawang pada Rabu, (10/8).

Dalam sambutannya, Kades Sesait memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas keterlibatan mahasiswa dalam membangun Desa Sesait.

“Mewakili segenap pemerintah desa, saya mengapresiasi dan banyak banyak terima kasih kepada pihak Unram yang berdedikasi tinggi dalam membangun desa,” Ucap Susianto M. Pd.

“Satu minggu sebelumnya kami telah menghadiri penutupan mahasiswa KKN Tematik Unram di Desa Sesait dan di sambut oleh kedatangan tim mahasiswa PPK ORMAWA, sangat luar biasa,” Tambahnya.

Kegiatan yang mengusung tema “Pengembangan Produk Unggulan Daerah Lebah Madu Trigona Sp. Dalam Upaya Peningkatan Kewirausahaan Masyarakat Pedesaan” ini, dihadiri oleh Camat Kayangan, Kepala Desa, Perangkat Desa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Praktisi Perlebahan NTB, Kelompok Tani “Pade Angen”, Karang Taruna, dan segenap pemuda lainnya.

“PPK ORMAWA ini berlangsung sekitar 5 bulan kedepan dan 14 mahasiswa Fakultas Peternakan (Faterna) dengan program diantaranya, Pelatihan budidaya lebah trigona, pembuatan bedengan lebah, hingga proses panen madu dan pengemasan produk,” Ungkap Nila selaku ketua tim, dalam sambutannya.

Lanjutnya, Nila menekankan komitmen bersama antara tim dan masyarakat khususnya kelompok tani “Pade Angen” untuk maju membangun desa melalui sentuhan teknologi baru tepat guna dengan memanfaatkan potensi alam dan sumber daya manusia yang ada.

Di saat yang bersamaan, Dr. Ir. Erwan M.Si, selaku DPL menjelaskan pentingnya peran mahasiswa untuk ikut terlibat dalam merumuskan prakarsa-prakarsa yang berkembang di masyarakat, sebab mahasiswa mempunyai potensi yang mampu melakukan kajian-kajian ilmiah dalam penerapan ipteks salah satunya berupa budidaya lebah lokal Trigona sp.

“Harapannya, mahasiswa yang mengikuti PPK Ormawa Unram 2022 dapat meningkatkan kepedulian dan empatinya dalam mendampingi masyarakat Desa Sesait untuk bersama-sama dalam mengembangkan potensi alam di pedesaan,” tutur pria yang merupakan Wakil Dekan 1 Fakultas Peternakan Unram ini.

Ketua kelompok tani “Pade Angen” menerangkan penempatan luas lahan yang akan digunakan tim PPK Ormawa dalam pilot project ini sekitar 20 are. Sumantri menjelaskan lahan tersebut terdapat beberapa jenis tumbuhan berupa cengkeh, rumput gajah, pohon kelapa hingga terdapat kuburan keluarga di lahan tersebut.

“Kondisi kelompok tani “Pade Angen” sebelumnya bersifat individu, maka dari itu kami berkomitmen untuk memberikan lahan seluas 20 Are ini agar dikelola sebagaimana yang sudah diprogramkan,” ucapnya. (dik/spt) 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles