31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

KKN PMD UNRAM Desa Pejaring, Buat Bank Sampah Dalam Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Sampah

Lotim, MEDIA—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN PMD UNRAM), Buat Bank Sampah dalam meningkatkan efektifitas pengelolaan sampah di Desa Pejaring Kecamatan Sakra Barat, Lombok Timur, NTB. Selasa,(06/02).

Bank Sampah adalah menerima tabungan berupa sampah yang dapat di bayar dalam bentuk uang sehingga mampu mengubah manfaat sampah yang notabennya negative menjadi barang bernilai ekonomis.

Pengelolaan sampah ini menghasilkan nilai ekonomis yang cukup tinggi. setiap sampah botol plastik yang dijual masyarakat per-kg dibiayai 1.500, sampah yang sudah ditampung pada Bank Sampah akan di jual kembali ke pengepuh per-kg 1.200, hal ini dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat dalam mengumpulkan sampah.

Bank sampah dibuat pada tanggal 21 Januari 2024 yang di bantu oleh masyarakat setempat, kepala dusun dan kepala Desa Pejaring. Kegiatan utama yang dilakukan adalah pembuatan bank sampah berdasarkan desain yang di sepakati bersama anggota KKN Desa Pejaring.

Jerry Aruan, Ketua KKN PMD UNRAM mengungkapkan bahwa KKN UNRAM berharap bahwa memeiliki dampak positif untuk masyarakat.

“Dengan mendirikan ini diharapkan dapat berdampak positif seperti dampak sosial (masyarakat membuang sampah pada tempatnya), edukasi pentingnya memanfaatkan sampah dan pentingnya menabung), dampak ekonomi (tambahan pendapatan), dampak lingkungan (jumlah sampah berkurang)”.ungkapnya

Untuk keberlanjutan dari Program Bank Sampah ini diperlukan dukungan dari Pihak Desa, Perangkat Desa, Kepala Dusun, Karang Taruna dan Masyarakat.(albn/advertorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles