26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

KKN PMD UNRAM Desa Santong, adakan Sosialisasi Penerapan Biopori dan Ember Kompos ( EMBOS) Untuk Pertanian Maju Berkelanjutan

KLU, MEDIA—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN PMD UNRAM) Adakan sosialisasi Pertanian Maju Berkelanjutan Dengan Tema “Penerapan Biopori dan Ember Kompos (EMBOS) sebagai Alternatif Pengolahann Limbah Organik” untuk Menghasilkan Pupuk Organik di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Rabu,(07/02).

Desa Santong terkenal dengan potensi hasil pertanian dan perkebunannya seperti jagung, cengkeh, kopi dan lain-lain. Hal ini didukung dengan adanya sejumlah kelompok tani yang terbentuk di beberapa dusun yang ada di Desa Santong.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, khususnya untuk para petani akan pentingnya memanfaatkan limbah organik sebagai pupuk organik yang dijadikan alternatif pengganti untuk penggunaan pupuk pestisida guna mewujudkan desa pertanian maju dan berkelanjutan serta untuk mengurangi efek kerusakan lingkungan.

Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri yang sudah berpengalaman dibidangnya, yaitu Tukul Sumardiono S.P yang merupakan salah satu seorang fasilitator daerah di Kabupaten Lombok Utara saat ini.

Dalam kegiatan ini, Tukul Sumardiono S.P selaku pemateri menjelaskan betapa pentingnya pemanfaatan limbah organik menjadi pupuk organik melalui penerapan biopori dan ember kompos.

“Biopori merupakan salah satu metode untuk menyuburkan tanah. Selain itu, hasil dari pupuk ember kompos dapat meminimalisir dari serangan hama di pertanian.” Tegasnya.

Selain mengadakan acara sosialisasi pertanian maju berkelanjutan, kelompok KKN PMD UNRAM Desa Santong juga mengadakan pembagian bibit sebanyak 500 bibit untuk beberapa dusun yang ada di Desa Santong.

Sosialisasi ini di adakan pada hari Sabtu, 6 Januari 2024. Diikuti sekitar 25 orang peserta yang terdiri dari perangkat Desa Santong, perwakilan kelompok tani di setiap dusun yang ada di Desa Santong, beberapa mahasiswa KKN PMD UNRAM dan beberapa mahasiswa KKN PPM UGM yang berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.(albn/advertorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles