24.5 C
Mataram
Sunday, July 14, 2024
spot_img

KKN Unram Desa Sesaot Semarakkan Pawai 1 Muharram 1446 H

Lobar, MEDIA—Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (Unram) memperingati 1 Muharram 1446 Hijriah dengan menyemarakkan Pawai di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Mahasiswa KKN Unram yang berjumlah 2 kelompok dan 1 kelompok KKP UIN turut ambil bagian dalam pawai ini dengan membawa isi spanduk dan bendera. Kehadiran mereka disambut antusias oleh warga desa yang memadati sepanjang jalan pawai.


Selain acara kegiatan pawai 1 Muharam, kegiatan ini dirangkaian dengan acara makan bubur putih bersama setelah pawai dilaksanakan yang dimana merupakan makna yang menunjukan rasa syukur terhadap datangnya tahun baru islam.

Muhammad Chatim Selalu Ketua KKN Desa Sesaot 2 mengungkapkan bahwa sangat senang KKN Unram memeriahkan malam 1 muharam.

“Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam acara pawai 1 Muharram ini. Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk menjalin silaturahmi dengan warga desa dan merasakan kemeriahan tradisi keagamaan di sini,” ujarnya.

Kepala desa, Sarbini A.Md mengukapkan bahawa Pawai 1 Muharram merupakan kegiatan selalu dilakukan setiap tahun.

“Pawai 1 Muharram merupakan salah satu tradisi keagamaan yang rutin kita laksanakan setiap tahunnya. Tradisi ini bukan hanya untuk memeriahkan Tahun Baru Islam, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antar warga desa, serta untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya dan tradisi Islam.” Ungkapnya

Sarbini juga mengucapkan terimakasih atas keterlibatan para remaja/i dusun sesaot timuk dan sesaot lauk serta partisipasi dari teman2 KKN UNRAM dan UIN.

“Saya selalu kepala desa sangat berterima kasih atas keterlibatan dan kerja keras KKN UNRAM, Karang Taruna dan KKP UIN” Ungkapnya

Acara tahunan ini tak hanya diikuti oleh warga desa, tetapi juga dimeriahkan oleh partisipasi mahasiswa KKN Unram. Pawai yang dimulai dari Lapangan perkebunan Sesaot sampai kavlingan baru sesaot dan finish di Masjid Nurul Ikhlas Sesaot, dalam acara pawai ini beriringan bersama membaca sholawat.

Kegiatan pawai ini dilakukan pada hari Sabtu, 6 Juni 2024, yang pesertanya pawai terdiri dari Majelis Taklim dan 8 TPQ khususnya di Dusun sesaot Timuk dan Sesaot Lauk, termasuk mahasiswa KKN Unram dan KKP UIN sebagai peserta pawai, berpakaian dengan aneka ragam busana bernuansa Islami, menambah kemeriahan acara.(albn/adventorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles