31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

KKN Unram Desa Tanjung Luar Adakan Sosialisasi Kewirausahaan

Mataram, MEDIAUnram.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) Desa Tanjung Luar mengadakan sosialisasi kewirausahaan pada Rabu, (30/6) dengan tema “Bangkitkan Semangat dengan Kewirausahaan di Masa Pandemi”.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Lombok Timur, Drs. Nurhilal sebagai narasumber dan kepala Desa Tanjung Luar, Mukti Ali.

Nurhilal mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi kewirausahaan, sangat penting untuk memotivasi masyarakat dalam berwirausaha.

“Kegiatan-kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan untuk mengajak, mendorong dan memotivasi masyarakat supaya mau berwirausaha, terlebih di masa pandemi saat ini,” ujarnya.

Saparudin Akbar selaku kepala wilayah yang mewakili kepala desa dalam membuka kegiatan tersebut, juga mengatakan bahwa acara sosialisasi kewirausahaan ini sangat membantu masyarakat dalam memberikan informasi terkait wirausaha saat pandemi.

Nurhilal saat menyampaikan materi dalam sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa pandemi sendiri telah merubah tatanan perekonomian Indonesia. Dan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemerosotan perekonomian adalah meningkatkan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).

“Pada masa pandemi covid-19 saat ini perekonomian Indonesia mengalami penurunan, di mana semua masyarakat sangat dibatasi arah geraknya untuk beriwirausaha di masa pandemi,” ungkapnya.

“Belum lagi semua anggaran pemerintah yang digelontorkan untuk program kerja terhambat disebabkan semua anggaran dialihkan ke bantuan covid-19. Desa Tanjung Luar sendiri memiliki potensi besar dalam pengembangan UMKM dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di desa tersebut,” tambahnya.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh pemateri untuk memotivasi para wirausahawan Desa Tanjung Luar diantaranya:

  • Dalam membangun usaha dibutuhkan keterampilan yang mumpuni untuk berwirausaha. Karena dengan keterampilan modal bisa datang dengan sendirinya.
  • Wirausahawan harus memiliki pengetahuan terhadap produk yang diciptakan agar terbebas dari penipuan,

Di akhir pembicaraanya Nurhilal menjelaskan bahwa, dari Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Lombok Timur akan mewadahi bagi masyarakat yang serius ingin mengembangkan usaha.

“Serta bagi masyarakat yang sudah memiliki usaha dan belum memiliki sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan label halal, dari Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Lombok Timur akan siap untuk mewadahi dalam pembuatan PIRT dan label halalnya, ujar Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. (IE)

 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles