26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Komoditas Unik Dalam Kopi

 

Oleh: Muh. Fiqriawansyah

Secara historis kopi adalah komoditas yang memang unik. Pada awalnya kopi hanyalah minuman etnis lokal di Afrika, tapi kemudian bisa menyebar dan menjadi sajian global, dimulai dari Yaman, Turki hingga berkembang ke Eropa, Amerika dan negara_negara Asia.

Bahkan ada suatu masa ketika di negara_negara tertentu kopi dikonotasikan sebagai minuman anti kemapanan, memicu perlawanan, menjauhkan orang dari Tuhan dan lain sebagainya.

Hingga tidak heran kalau pada masa_masa itu kalangan elit sibuk membuat batasan_batasan siapa saja yang diperbolehkan mengonsumsi kopi.

Di Indonesia sendiri kisah sosial, ekonomi, politik dan budaya yang menyertai produksi kopi dari massa colonial hingga sekarang tidak kalah unik dan kaya. Di beberapa daerah kopi bahkan tidak hanya menjadi tulang punggung ekonomi.

Masyarakat lokal, akan tetapi juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari tradisi dan religi. Tidak heran kalau di Gayo misalnya, bisa kita jumpai sebuah Do’a yang oleh para petani kopi selalu di lafalkan ketika mereka akan memulai musim tanam.

Di mata mereka, kopi adalah tanaman yang disakralkan, karena menjadi penopang hampir seluruh sendi kehidupan sosial, ekonomi dan budaya orang_orang Gayo.

Kita juga bisa menelusuri bagaimana tradisi minum kopi di negeri ini sesungguhnya berada di bayang_bayang eksploitasi kolonialisme dan kapitalisme.

Akibatnya selama berabad_abad kita hanya meraba_raba bagaimana rasa kopi, kita hanya bisa beranggapan tentang nikmatnya kopi, kita hanya bisa membangun sebuah ilusi tentang kopi, melalui buih, aroma gurih dan lain sebagainya.

_Menepi Untuk Mengopi_

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles