26.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Lestarikan Ekosistem Laut, Mahasiswa KKN Tematik Unram Rehabilitasi Terumbu Karang di Gili Petrando

Lombok Timur, MEDIA – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur melakukan rehabilitasi terumbu karang di Gili Petrando, Rabu(6/29) lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan kerja sama dengan PLN NTB melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (LTSL), dan sejalan dengan Program kerja dari Tim kkn Unram di Desa Padak Guar yakni penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang.

Kegiatan transplantasi terumbu karang difokuskan di Gili Petagan, Gili Bidara, dan Gili Kondo, atau yang dikenal dengan sebutan Gili Petrando, yakni gugusan gili di Lombok Timur yang masih masuk dalam kawasan konservasi Taman Wisata Perairan Gili Sulat – Lawang.

“kawasan Gili Petrando ini memiliki potensi sumber daya alam dan biota laut yang dapat dikembangkan untuk pemanfaatan perikanan dan wisata bahari,” ungkap Tarmizi, selaku Kepala Desa Padak Guar.

Tarmizi juga menjelaskan bahwa, di Desa yang dihuni oleh 3.500 jiwa ini dulunya dikenal dengan endemi bom ikan. Aktivitas ini menyebabkan kerusakan pada sebagian habitat terumbu karang yang berdampak pada kerusakan ekosistem laut.

Pengunaan media spider adalah salah satu cara pemerintah setempat dalam melakukan transplantasi terumbu karang.

“Perairan laut di Gili PETRANDO memiliki banyak sekali keindahan terumbu karang didalamnya, hanya saja belum terlalu ter-ekspose oleh media massa,” ujar Samsul, selaku ketua Pokmaswas desa Padak Guar.

Berangkat dari sana Tim KKN Unram Desa Padak Guar memprogramkan kegiatan transplantasi terumbu karang, guna menjaga serta membentuk kembali ekosistem terumbu karang yang baik bagi laut.

“Mari jaga laut kita!” seru mereka.

Ketua KKN Dion Fadilla menjelaskan bahwa, program ini sangat baik untuk dilaksanakan, mengingat banyak sekali perairan laut di Indonesia yang salah satunya perairan di NTB ini terkena bom ikan yang menyebabkan ekosistem terumbu karang rusak.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 – 17.00 WITA, dan dihadiri oleh berbagai stakeholder yang ada di Desa Padak Guar. (ZHR)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles