26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Mahasiswa Faterna Adakan Pelatihan Pemeliharaan Trigona Guna Mendorong Kemajuan Sektor Tani dan Hutan

Lotara, MEDIA— Dalam rangka mendorong kemajuan disektor hasil pengolahan tani dan hutan di Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Mahasiswa Peternakan Unram yang tergabung dalam tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Maternapala Unram mengadakan pelatihan manajemen pemeliharaan trigona pada Kamis, (21/9). 

 

Ketua tim pelaksana,Dwi Ayu Lestari menerangkan bahwa pelatihan ini bertujuan guna meningkatkan SDM kelompok dalam manajemen budidya lebah trigona, Sasarannya adalah para pemuda desa sesait yang tergabung menjadi kelompok tani. Pelatihan ini diadakan dikarenakan masih sedikit kelompok yang tertarik didesa sesait dalam membudidayakan lebah trigona.

 

“Adanya pelatihan ini sebagai pemantik kelompok tani atau masyarakat dalam manajemen membudidayakan lebah trigona dan berharap bisa lebih berkembang kedepannya,” Ujarnya. 

 

Para Pemuda yang hadir dalam pelatihan tersebut merasa bersyukur telah dilibatkan, seperti yang disampaikan oleh pemuda bernama Ecang.

 

“bersyukur sekali teman-teman memilih pemuda sebagai langkah awal untuk mengikuti program ini,semoga kedepannya bisa terus berkembang, ” tutur Ecang

 

Tidak hanya sekedar mengadakan pelatihan, PPK ORMAWA Maternapala Unram juga memberikan langsung koloni lebah trigona. Sebanyak 40 kotak koloni lebah trigona diberikan kepada Kelompok Tani Hutan Lotus Agro sebagai bukti dukungan langsung serta diharapkan dapat mempraktekkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini kedepannya. 

 

Penyerahan koloni lebah diterima langsung oleh Wiriantara Haris Supan, S. Akun. MM. selaku ketua Kelompok Tani Hutan Lotus Agro.

 

”Kami mengucapkan terimakasih kepada adik-adik dari Tim PPK ORMAWA Maternapala Unram yang telah mengadakan pelatihan ini dan pengadaan koloni lebah trigona ini untuk kelompok tani hutan agro Lotus disini,” ujar Wiriantana. 

 

 

Program ini mendapatkan respon positif dari instansi pemerintah setempat. Pelatihan ini dihadiri oleh Burhanudin S.P selaku PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Desa Sesait dan Sukri S.Pt (Bang Slesh) sebagai pemateri dalam manajemen pemeliharaan lebah trigona, sementara itu ada 2 kelompok yang mengikuti pelatihan ini yaitu Kelompok Tani Hutan Agro Lotus dan Kelompok Bunga Mekar. (Albn / adventorial )

 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles