31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN Tematik Unram Adakan Pelatihan Penanaman Bibit Tanaman Lokal Dengan Pupuk Kompos dan Sekam

Lombok Timur, MEDIA – Dusun Pemban Aji merupakan salah satu dusun yang terdapat di Desa Pijot, dimana dusun ini masih belum memanfaatkan pekarangan rumahnya secara intensif guna menjamin kesinambungan penyediaan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) kemudian melaksanakan program kerja penanaman bibit pada media polybag. di Dusun Pemban Aji Desa Pijot, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur (1/2).

Mahasiswa KKN Tematik Unram bekerjasama dengan Yayasan TPA Darul Quratul Aini untuk melakukan pelatihan penanaman bibit tanaman lokal menggunakan media tanam polybag dengan pupuk kompos dan sekam kepada masyarakat. Ada dua jenis sekam yang digunakan dalam pelatihan penanaman bibit tanaman lokal ini, yaitu sekam yang dibakar dan tidak.

Selain sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, program ini juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan serta menekan pengeluaran Desa Pijot khususnya Dusun Pemban Aji.

Fery selaku ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mengatakan masih banyak masyarakat yang rela mengantri pedagang sayur keliling di depan gang rumah meski hanya membeli cabai atau tomat dengan harga Rp 3.000, yang dimana jika setiap hari masyarakat mengeluarkan uang untuk beli cabai atau tomat setiap harinya tidak akan terhitung berapa sudah biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk hanya sekedar membeli cabai dan tomat.

“Oleh karena itu, tujuan penanaman tanaman lokal melalui media polybag ini salah satunya untuk menekan pengeluaran masyarakat dan juga memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” katanya.

Penanaman bibit tanaman lokal menggunakan media tanam polybag dengan campuran pupuk kompos dan sekam memiliki pertumbuhan yang cukup baik. Metode penanaman dengan media ini cukup sederhana dan mudah dipraktekan oleh masyarakat dan penanaman bibit ini cukup mudah serta tidak memerlukan perawatan khusus.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh kepala dusun Pemban Aji.

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles