26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Adakan Sosialisasi Pertanian untuk Manfaatkan Pekarangan dan Lahan Kosong

Lombok Barat, MEDIA- Kegiatan sosialisasi pertanian terkait budidaya tanaman anggur dan tanaman hortikultura telah diadakan oleh Mahasiswa KKN Tematik UNRAM di desa Nyurlembang Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Sosialisasi pertanian yang berlangsung pada Kamis (07/07) lalu, bertempat di Aula Kantor Desa Nyurlembang.

Kegiatan tersebut terfokus pada pemanfaatan pekarangan atau lahan kosong yang belum dimanfaatkan secara maksimal di lokasi setempat. Melalui kegiatan ini, Kelompok KKN Tematik UNRAM berharap dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pemanfaatan lahan pekarangan rumah dan pengolahan pangan bergizi, beragam, seimbang dan aman (B2SA).

Sosialisasi ini dihadiri oleh 30 peserta dengan dua narasumber yaitu Fauzan selaku pembudidaya anggur dan I Gede Darma Putra pembudidaya tanaman hortikultura.  Menurut Fauzan, hal-hal yang harus diperhatikan dalam budidaya anggur yakni penggunaan media tanam yang tepat dan proses perawatan meliputi pemupukan, pemangkasan dan pembungkusan buah.

Fauzan menuturkan, salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya tanaman anggur terletak pada media tanam yang digunakan. “Tanah yang dipakai harus memiliki daya serap yang baik atau tidak poros sehingga air yang diberikan dapat tersimpan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, I Gede Darma Putra mengatakan, “Selama saya melakukan budidaya tanaman hortikultura, saya selalu memanfaatkan bahan yang tersedia secara alami di sekitar sehingga tidak terlalu bergantung pada penggunaan bahan kimia”.

Diketahui dalam budidaya yang telah beliau jalankan selama ini, beliau memanfaatkan tanah bekas cacing atau yang dikenal dengan istilah “Kascing” sebagai campuran media tanam. Kascing ini berfungsi sebagai pupuk organik yang berperan dalam meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Kegiatan ini tentu saja disambut baik oleh masyarakat Nyurlembang, terutama bagi para petani. “Sosialisasi Pertanian ini merupakan kegiatan yang sangat positif, apalagi sebelumnya masyarakat sudah memiliki ketertarikan dalam budidaya tanaman anggur akan tetapi di satu sisi masyarakat masih bingung harus memulai darimana.“ imbuh H.Warti Asmunadi selaku Kepala Desa Nyurlembang. (spt/adv)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles