28.5 C
Mataram
Sunday, July 14, 2024
spot_img

KKN Desa Darek Adakqn Pelatihan Pembuatan Paving Block Berbahan Sampah Plastik

Lombok Tengah, MEDIA- Mahasiswa KKN Tematik (KKN-T) Universitas Mataram (UNRAM) mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan paving block dari bahan sampah plastik di Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, pada Rabu (26/7).

Kegiatan ini diadakan dalam upaya peningkatan skill dalam pengolahan sampah plastik tersebut kepada masyarakat Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. Dengan pemateri langsung dari mahasiswa yang KKN pada desa tersebut.

Bertempat di salah satu pekarangan rumah warga, kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa, Bapak Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Dusun, Ikatan Pemuda Desa Darek (IPDD), dan masyarakat yang ada di Desa Darek.

Pada sambutannya Ketua KKN Tematik Unram di Desa Darek, I Wayan Januartha menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja utama yang direncanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan utama desa, yaitu terkait dengan sampah ini.

Dosen Pembimbing Lapangan, H. Sinarep, ST., MT dalam sambutannya juga mengapresiasi kegiatan yang digagas mahasiswa KKN ini. Mengingat, Desa Darek masih berusaha menangani masalah sampah ini sehingga diharapkan melalui kegiatan ini masalah sampah yang ada di Desa Darek dapat diatasi.

“Khususnya para pemuda dan masyarakat desa pada umunya, diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan paving block dari sampah plastik ini mampu melanjutkan program kerja ini. Sehingga, permasalahan yang ada di desa yang berkaitan dengan sampah sedikit demi sedikit dapat teratasi, harapnya.

“ini merupakan sebuah inovasi baru di desa ini yang mungkin tidak hanya nantinya mampu menangani masalah sampah tetapi juga mampu meningatkan perekonomian masyarakat Desa Darek mengingat hasil dari pengolahan yang tidak hanya berupa paving block juga bisa menjadi pot tanaman,” ucap Irawan Panji Semirang selaku Kepala Dusun Tanggong Desa Darek. (spt/adv)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles