31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN Tematik Unram Berhasil Menerapkan Program Rumah Pangan Lestari di Kelurahan Prapen, Kecamatan Praya, Lombok Tengah

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program yang bertujuan untuk memberikan pengalaman, pengetahuan, dan teknologi secara interdisiplin dalam memecahkan masalah-masalah pemberdayaan masyarakat serta menumbuhkan dan mengembangkan kepedulian dan tanggungjawab sosial terhadap kemajuan masyarakat. Melalui program KKN ini, mahasiswa Universitas Mataram dapat memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat di Kelurahan Prapen, Kecamatan Praya, Lombok Tengah mengenai program Rumah Pangan Lestari (RPL).

Program Rumah Pangan Lestari (RPL) yang dilaksanakan oleh kelompok KKN TEMATIK Universitas Mataram merupakan salah satu konsep pemanfaatan lahan pekarangan yang non-produktif, baik di pedesaan maupun di perkotaan untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan potensi pangan lokal. Salah satu lokasi di Kelurahan Prapen yang menjadi sampel penerapan RPL oleh kelompok mahasiswa KKN yaitu di Lingkungan Prapen. Lingkungan Prapen diketahui memiliki lahan yang sempit dan non-produktif atau belum dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu, kelompok mahasiswa KKN membentuk program penanaman bibit hortikultura seperti cabai rawit, cabai merah, terong bulat, terong panjang, pakcoy, tomat dan sawi hijau di halaman rumah warga yang kosong atau belum dimanfaatkan.

Dengan adanya program RPL ini selain dapat mengoptimalkan lahan non-produktif menjadi produktif, diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga, memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, dan juga dapat mengatasi permasalahan sampah dengan memanfaatkan limbah botol plastik sebagai media tanam.

 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles