26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Pembuatan Pupuk Organik dan Suplemen Penambah Nafsu Makan Ternak di Desa Banyu Urip

Lombok Barat, MEDIA- Mahasiswa KKN Tematik Unram mengedukasi masyarakat tentang pengolahan limbah kotoran ternak menjadi pupuk organik dan pembuatan suplemen penambah nafsu makan ternak di desa Banyu Urip, Kecamatan Praya barat.

Dengan mayoritas pekerjaan masyarakat desa Banyu Urip sebagai petani dan peternak, dengan latar belakang tersebut, kebutuhan masyarakat akan pupuk terutama pupuk kimia sangatlah tinggi.

“Sebagai alternatif pupuk jenis Urea bisa dikatakan mahal dan langka, dengan potensi yang melimpah serta sapi atau kambing ternak di Banyu Urip, oleh karena itu fokus kegiatan KKN kami adalah pengolahan limbah kotoran ternak menjadi pupuk organik dan pembuatan suplemen penambah nafsu makan ternak,” uncap ketua KKN UNRAM di Desa Banyu Urip Ahmad Wilyan Pratama dalam keterangannya Sabtu (29/01).

Wilyan juga menjelaskan bahwa pengolahan kotoran ternak sebagai pupuk perlu diperhatikan karena jika tidak diolah atau dimanfaatkan dengan baik akan terjadi pencemaran udara , air dan tanah serta sebagai sumber penyakit.

“Hal inilah yang menjadi alasan kuat diadakannya  sosialisasi atau penyuluhan agar masyarakat bisa mendapatkan nilai ekonomis, selain itu juga dapat diimplementasikan di bidang pertanian dari pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk organik tersebut,“ lanjut Wilyan.

Sementara itu, Kepala Dusun Lendang Lantan, Desa Banyu Urip mengatakan kegiatan sosialasi dan penyuluhan tersebut sangatlah bermanfaat dilaksanakan di dusun Lendang Lantan, desa Banyu Urip.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, terutama bagi masyarakat dusun Lendang lantan yang mayoritas masyarakatnya adalah petani dan peternak,” pungkas Kepala Dusun Lendang Lantan.

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles