31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN Tematik Unram Launching Aplikasi Mobile Pendataan Kependudukan di Desa Selelos Lombok Utara

Lombok Utara, MEDIA – Mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa Selelos melaksanakan kegiatan pengenalan aplikasi mobile untuk pendataan kependudukan, Kamis (3/2).

Aplikasi ini dirancang oleh mahasiswa KKN Tematik Unram dengan tujuan untuk mempermudah staf desa dalam pengelolaan administrasi terutama kepala wilayah yang memliki tugas untuk melakukan pendataan ke setiap warga di wilayahnya masing-masing.

Menurut Didi Retno Sekretaris Desa Selelos dalam diskusinya bersama Mahasiswa KKN Tematik Unram mereka membutuhkan terobosan baru untuk masalah pendataan penduduk di Desa Selelos.

“Agar masalah pendataan bisa kita lakukan lebih cepat dan praktis. Kalau menggunakan aplikasi bisa lebih simple,” katanya.

Aplikasi ini selanjutnya dinamakan SILAK ONLINE yang merupakan singkatan dari Sisitem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online.

Fredericho Alexander Madi selaku perancang aplikasi menjelaskan aplikasi tersebut buat dengan sistem android agar lebih mudah untuk digunakan oleh kepala wilayah. Selain itu, aplikasi ini juga memilki kelebihan bisa mencetak data penduduk dalam jangka waktu perbulan.

“Keamanan aplikasi ini juga benar-benar kita perhatikan Karena nanti hanya digunakan oleh kepala dusun serta operator desa yang terhubung dengan system di aplikasi,” lanjutnya.

Aplikasi ini merupakan terobosan baru, bahkan desa-desa lain di kecamatan Gangga sendiri belum ada kepala dusun dan staf desanya yang menggunakan aplikasi berbasis android untuk menginput dan memperbaharui data penduduknya.

Lalu Wahyu Alam Ketua KKN Tematik Unram di Desa Selelos berharap dengan adanya aplikasi Silak Online ini kepala dusun di Desa Selelos mampu menginput data lebih praktis tanpa harus meminta kartu keluarga ke setiap kepala keluarga.

“Selain itu dengan adanya aplikasi ini sistem koordinasi kepala wilayah dengan staf di desa bisa dilakukan secara lebih praktif dan efektif,” kata Mahasiswa Fakultas Teknik itu.

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles