29.5 C
Mataram
Monday, February 26, 2024
spot_img

Mahasiswa Peternakan Unram Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Memberikan Pelayanan Kesehatan Ternak Gratis

Lotim, MEDIA – Mahasiswa Fakultas Peternakan Unram adakan pelayanan dan penyuntikan ternak gratis di Desa Boyemare Kecamatan Sakra Barat Kab. Lombok Timur, untuk memperingati hari sumpah pemuda, Sabtu (28/10).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 ini, mengusung tema ‘Bersama Majukan Indonesia.’

Imam Muliadi selaku Ketua Panitia mengungkapkan Pelayanan dan penyuntikan ternak gratis ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat maupun peternak agar memperhatikan kesehatan, gizi dan vitamin yang di butuhkan ternak.

“Pelayanan ini dilakukan pada pagi dan sore hari. Terdapat 3 kelompok pembagian lokasi pelayanan dan penyuntikan di Dusun Boyemare Timur. Pada saat penyuntikan berlangsung, sebagian ternak yang mengalami penyakit Abses, Scabies, Mastitis dan Demam,” ungkap Imam.

 


Lanjut Imam, bahwa pengetahuan peternak terkait kesehatan, gizi dan vitamin dirasa sangat minim.

“Pengetahuan peternak sangat minim mengenai kondisi yg kita temukan di lapangan, jdi peternak cuma memberi tahu kondisi di lapangan tanpa mengetahui penyakitnya, seandainya kita ga datang buat pelayanan mungkin peternak tidak akan menindak lanjuti”, tutur Imam Muliadi.

Sementara itu, Ketua BEM FATERNA UNRAM mengutarakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret mahasiswa peternakan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Ia juga mengungkapkan sejumlah peternak di Dusun Boyemare Timur sangat antusias saat didatangi oleh mahasiswa.

“Sekitar 40 peternak yang berada di Dusun Boyemare Timur, Desa Boyemare telah kami lakukan pelayanan dan penyuntikan ternak secara gratis”, ungkapnya.

 


Kawil Boyemare berharap dari kegiatan ini masyarakat dapat memahami budidaya ternak yang baik dan benar agar lebih maju.

“Seperti ini keadaan ternak kami, rata-rata peternak disini membudidaya ternak kambing etawa”, ucapnya.

Dalam kegiatan ini, Himpunan Mahasiswa Diploma III Faterna Unram (HIMADIPMA) dan Pemerintah Desa (Pemdes) turut berpartisipasi dan mendampingi hingga akhir kegiatan. (Albn)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles