28.5 C
Mataram
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Mahasiswa Prodi Sosiologi Ikut Berpartisipasi Dalam Rapat Kunjungan Kerja DPR RI ke NTB

Mataram, MEDIA—Mahasiswa Prodi Sosiologi ikut berpartisipasi dalam Rapat kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dengan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam meninju Ekonomi Kreatif yang ada di NTB.

Undang-Undang (UU) No. 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif. Dalam Proses menjalankan undangan ini di NTB masih belum masih oleh Dinas Pariwisata, dan perlu mejadi evaluasi untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF) untuk mengkodinir Dinas Pariwisata yang ada di daerah-daerah.

Ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya di NTB. Sektor ini mampu mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan daya saing produk lokal di pasar global. Oleh karena itu, DPR RI menilai pengembangan ekonomi kreatif harus menjadi prioritas utama.

Dinas Pariwisata memiliki peran penting dalam mendukung dan memfasilitasi perkembangan ekonomi kreatif di NTB. Mereka bertanggung jawab mengidentifikasi potensi ekonomi kreatif dan mengembangkan strategi untuk mempromosikan serta mengembangkan potensi tersebut. Langkah-langkah seperti menyelenggarakan festival budaya, pameran seni, dan kompetisi kreatif dapat menarik perhatian wisatawan dan investor.

Dinas Pariwisata juga harus menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi, komunitas kreatif, dan sektor swasta untuk menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan ekonomi kreatif.

Dari pihak DPR RI nyatakan bahwa peran Mahasiswa/pemuda sangat penting menyebabkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di NTB.

“mahasiswa penuh inovasi dan kreativitas, dapat memberikan pandangan segar dan ide-ide baru untuk pengembangan ekonomi kreatif. DPR RI sering mengundang mahasiswa untuk berpartisipasi dalam rapat dan diskusi mengenai ekonomi kreatif.” Ucapnya.

Dalam mendukung ekonomi kreatif ada lima cara yang disampaikan oleh DPR RI.

  1. Melenyelenggaraan Seminar dan Workshop
  2. Materi Promosi yang Menarik:
  3. Pemanfaatan Media Sosial;
  4. Kerja Sama dengan Media Massa;
  5. Melibatkan Komunitas Kreatif

Kegiatan Rapat Kunjungan kerja ini dilakukan pada hari Senin 5 Februari 2024, dengan jumlah peserta 15 orang Yang teridiri Mahasiswa 3, pihak dinas pariwisata 7 Orang, pihak DPR RI 5 orang. (Albn/advetorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles