24.5 C
Mataram
Monday, June 17, 2024
spot_img

Mahasiswa Sosiologi Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah di Desa Wisata Sesaot

Lobar, MEDIA—Mahasiswa Prodi Sosiologi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Univeristas Mataram (UNRAM), lakukan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat,NTB.

Desa Sesaot, yang terkenal dengan keindahan alamnya dan menjadi destinasi wisata, seringkali menghadapi permasalahan sampah yang mengancam kelestarian lingkungan dan kenyamanan pengunjung. Untuk mengatasi masalah ini, mahasiswa Sosiologi Universitas Mataram mengadakan serangkaian program edukasi dan peringatan bagi masyarakat desa.

Program dilaksanakan adalah pemasangan poster di area sungai yang banyak sampahnya dan memberikan plastik sampah kepada masyarakat yang tinggal di area sungai supaya tidak membuang sampah langsung ke sungai.

Dari pengakuan salah seorang warga bawah pemerintahan desa tidak terlalu memperhatikan masalah sampah yang ada disungai, akhirnya sebagaian masyarakat juga ada yang di bakar,dan di kubur.

Ketua Tim Mahasiswa Sosiologi Universitas Mataram, Mualan Tunandar Hakti, menyampaikan pentingnya keterlibatan pemerintah atau pihak desa dalam gerakan ini.

“Kami percaya bahwa perubahan yang berkelanjutan harus dimulai dari kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat. Melalui gerakan bebas sampah ini, kami berharap masyarakat Sesaot dapat mengelola sampah mereka dengan lebih baik dan menjadikan desa ini lebih bersih dan menarik bagi wisatawan,” ujarnya

Mualan Tunandar Hakti juga menyampaikan harapan kelompoknya supaya memberi dampak positif dan berkelanjutan.

“Dari program kami buat semoga , gerakan bebas sampah di Desa Wisata Sesaot diharapkan dapat membawa perubahan positif yang berkelanjutan. Tidak hanya meningkatkan kualitas lingkungan, tetapi juga memperkuat citra desa sebagai destinasi wisata yang bersih dan ramah lingkungan.” Lanjutnya

Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, M.HAFIZUL FAHMI S.E, mengapresiasi inisiatif dari mahasiswa Universitas Mataram ini.


“Kami sangat berterima kasih atas usaha dan kontribusi dari para mahasiswa. Program ini tidak hanya membantu mengatasi masalah sampah, tetapi juga meningkatkan kesadaran warga kami tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 27 Mei 2024.(albn/advetorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles