26.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Maret 2021, Asrama Unram Siap Dihuni

Media Unram – Gedung asrama putra dan putri Universitas Mataram (Unram) siap dihuni kembali pada Maret 2021 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (WR II), Kurniawan. Ia menjelaskan, awal tahun 2020 lalu, pihak Unram memulai untuk merenovasi gedung asrama tersebut. Namun, karena pandemi Covid-19, kedua asrama itu tidak bisa dikerjakan secara bersamaan.

“Targetnya, akhir tahun ini sudah selesai,” ungkapnya saat ditemui Media Unram, Senin (30/11).

WR II, Kurniawan saat ditemui tim Media Unram di ruang kerjanya. (MD/tim)

Kemudian, lanjutnya, fasilitas yang disediakan akan lebih bagus dari sebelumnya. Perbaikan tersebut dilakukan untuk mengganti beberapa bagian gedung asrama dan fasilitas yang rusak akibat gempa silam.

“Nanti, kita carikan tempat tidur dan lemari. Bagian di dalam gedung juga kita sudah cat, bagus. Cuma diluar udah mulai kotor lagi, namanya juga lama tidak dihuni,” beber profesor hukum tersebut.

Rencananya, usai perbaikan dilakukan, asrama tersebut akan diserahkan dan dikelola oleh Badan Pengelola Usaha (BPU). Kini, asrama putra bertingkat dua itu sudah selesai, sedangkan asrama putri yang bertingkat empat masih dalam proses perbaikan.

Pada waktu yang berbeda, anggota Media Unram juga menemui Sekretaris BPU, Kadek Wiratama. Ia menjelaskan, gedung asrama akan dilengkapi fasilitas kamar tidur, kamar mandi, dapur, juga beberapa fasilitas penunjang, seperti kasur dan lemari baru.

Gedung ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru (maba) terutama bagi mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

“Namun, nantinya akan disaring lagi sesuai beberapa kriteria khusus, berhubung kapasitas asrama yang juga terbatas,” kata orang yang biasa disapa Kadek itu.

Sama seperti tahun lalu, pihak Unram bekerja sama dengan BPU terkait pengelolaan asrama. Lebih jauh dosen Fakultas Teknik (FT) Unram ini menjelaskan, kisaran harga sewa kamar sekitar Rp200 ribu per orang. Proses pembayaran sewa bisa dilakukan secara virtual melalui Bank NTB Syariah ke pihak terkait.

Kadek Wiratama saat ditemui tim Media Unram. (MD/tim)

“Uang sewa tersebut akan dialokasikan untuk pemeliharaan gedung, seperti pengadaan satpam dan petugas kebersihan asrama,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut kadek, agar pengelolaan asrama putra dan asrama putri bisa berjalan lancar, akan ada pengaturan terkait batas waktu berkunjung asrama, waktu penutupan gerbang, dan sebagainya bagi mahasiswa.

“Karena ini wilayah kampus, jika ada kejadian apa-apa, tentu kampus yang akan menjadi sorotan,” pungkasnya. (in, mnd)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles