26.5 C
Mataram
Thursday, May 23, 2024
spot_img

MEDIA Unram Gandeng AJI Laksanakan LJTD XXIX

Mataram, MEDIAUnram.com – Dalam rangka penerimaan anggota baru, Unit Kegiatan Pers Kampus Mahasiswa (UKPKM) MEDIA Universitas Mataram (Unram) kembali menggelar Latihan Jurnalistik Tingkat Dasar (LJTD) XXIX.

Kegiatan yang dilakukan di Aula Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) mengangkat tema Bersinergi Membangun Jiwa Persma yang Independen, Kritis, dan Berintegritas.

“Kegiatan ini juga diikuti puluhan calon anggota baru,” kata Ketua Panitia Ihsan Hadi dalam sambutannya.

Ihsan mengatakan, LJTD kali ini rencananya dilakukan selama tiga hari, yakni 29 hingga 31 Oktober. “Media juga menggandeng Aliansi Junrnalis Independen (AJI) Kota Mataram” lanjutnya.

Kegiatan itu resmi dibuka Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram, Enny Yuliani yang diwakili oleh Wawan Gusmawan. Dalam sambutannya, dia berharap Media Unram mampu menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berkarya dan mengembangkan kemampuan menulisnya.

“Semangatnya jangan sampai kendor. Jadikan Media sebagai wadah untuk berkarya dan mengembangkan diri,” kata pria yang akrab disapa Miq Awan itu.

Dalam acara itu turut hadir artawan senior yang juga salah satu alumni MEDIA Unram, Abdul Latief Apriaman. Dia menjelaskan bagaimana kondisi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) banyak terserang UU ITE dan bagaimana peran pers kampus dalam membendung informasi yang dapat menjerumuskan masyarakat.

“Masyarakat sekarang lebih cepat mengetiknya daripada berpikirnya. Hal ini karena miskin yang literasi yang dimiliki,” katanya. Oleh karena itu, lanjut Latief, sebagai lembaga pers, Media harus membendung ketersesatan masyarakat.

Sementara itu, Pemimpin Umum UKPKM MEDIA Unram, AA Istri Adeka Saputri berharap peserta baru menjadikan LJTD sebagai langkah awal untuk melatih berpikir kritis.

“Untuk 35 orang peserta yang ada di ruangan ini, semoga ke depannya kita mampu berkembang bersama,” kata wanita kelahiran Empang, Sumbawa itu.

Seperti yang diketahui, organisasi yang berdiri sejak 1987 dan lembaga persma pertama di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini masih tetap eksis dalam menerbitkan sejumlah karya tulis, seperti berita, opini, puisi dan lainnya. (MRM)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles