26.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Mengingat Masa Lalu, DPM Adakan Nobar Film G30S/PKI

Laporan: Khan – Al won

Dalam rangka memperingati peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unram mengadakan nonton bareng di halaman parkiran Gedung Fisipol.

Malam itu, Kamis (30/9), anggota Media Unram berkesempatan bertemu dengan Ketua Komisi IV Pergerakan dan Eksternal Kampus DPM UNRAM, Sukirman.

Pria bertubuh mungil itu menjelaskan, pemutaran dan nobar film G30S/PKI sebagai bahan untuk mengingat peristiwa kelam yang terjadi di Indonesia.

“Juga sebagai pembelajaran bagi pemuda, khususnya mahasiswa,” kata mahasiswa Fakuktas Teknik Unram ini.

Pada waktu yang sama, Ketua DPM Unram, Muhammad Al Fajar berharap, kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat, khususnya mahasiswa untuk mengenal bangsa Indonesia.

Menurutnya, sejarah tidak hanya sekedar mengenal pahlawan. “Namun juga mengetahui dan mengenang peristiwa kelam bangsa ini,” kata Pria kelahiran Bima ini.

Acara yang dilaksanakan ba’da isya ini dihadiri oleh puluhan orang.

Rintik hujan serta angin yang cukup besar nampaknya tidak menghalangi mereka untuk menonton film yang dirilis pada tahun 1984 itu.

Sesampainya di lokasi, mereka yang hadir disuguhkan secangkir kopi hitam hangat oleh pria tampan dan gadis cantik. Ditambah beberapa potong ubi rebus, juga kacang-kacangan. Menambah nikmatnya malam yang dihiasi terangnya bulan itu.

Dinginnya malam mulai tidak terasa, ketika adegan penculikan yang dilakukan orang-orang PKI terhadap para jenderal muncul di layar tancap.

Mereka yang hadir, sebagian besar dari mahasiswa itu menyaksikan film ini hingga selesai. Pukul 01.00 Wita, acara nobar yang diadakan di gedung tiga prodi ini selesai.

Diantara mereka, sebagian kembali ke tempat tinggal. Sebagiannya lagi ada yang tetap di sana.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles