26.5 C
Mataram
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Rinjani Lombok UGGp Bentuk Rinjani Geopark Youth Forum

Mataram, MEDIAUnram.com – Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark (UGGp) membentuk sebuah wadah bernama Rinjani Geopark Youth Forum (RGYF).

Wadah ini, mengundang pemuda-pemudi berusia minimal 18 tahun dan maksimal 24 tahun, yang ada di seluruh Kawasan Geopark Rinjani Lombok untuk bergabung didalamnya. Wadah ini hadir sebagai sarana bagi pemuda-pemudi untuk berkreasi, menuangkan gagasan konkrit, dan kreatif untuk pengembangan Geopark Rinjani, melalui pendekatan 3 (tiga) pilar geopark yaitu pilar Konservasi, Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan.

Untuk memperoleh pemuda-pemudi yang serius dan berkualitas, Rinjani Lombok UGGp menerapkan beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi, seleksi wawancara dan tahapan terakhir dilakukan dalam bentuk pembekalan selama satu bulan penuh dengan menggunakan metode kemah sambil belajar (EDUCAMP).

Dari sekitar 220 orang peserta yang terdaftar, hanya tersisa sekitar 46 orang yang berhasil lolos semua tahapan seleksi dan kemudian dilantik menjadi anggota RGYF Angkatan I pada Kamis, 1 Juli 2021.

Acara pelantikan yang dilaksanakan di Pusat Informasi Geopark Rinjani, Sembalun ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTB, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi, Iskandar Zulkarnain, Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappeda NTB, Kepala KPH Rinjani Timur H. Lalu Ayub Zainudin, Perwakilan Dinas LHK NTB,  Perwakilan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Perwakilan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB, Komite Sembalun 7 Summits dan perwakilan Komunitas Sembalunina.

Dalam sambutanya, Kepala Dispora NTB Drs. H. Surya Bahari menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap terbentuknya wadah bagi anak muda dalam forum RGYF, yang digagas oleh Dewan Pelaksana Rinjani Lombok UGGp.

“Walaupun tidak didukung anggaran yang memadai, dengan konsep kolaborasi dengan banyak pihak, kegiatan besar RGYF 2021 ini bisa dilaksanakan dengan sukses,” ungkapnya.

Pada kesempaan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas lahirnya RGYF.

“Kehadiran forum RGYF ini akan sangat membantu upaya Dinas Pariwisata dalam mempromosikan kepariwisataan pulau Lombok,” ungkapnya.

“Kehadiran adek-adek RGYF, selain berperan sebagai Geopark Rinjani Ambassador, kami juga angkat anda semua sebagai duta wisata pulau Lombok,” tambahnya. (M)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles