31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Unram Wacanakan Gunakan Kartu Elektronik di Pintu Masuk

MEDIA –  Universitas Mataram (Unram) mewacanakan akan memberlakukan Kartu Pintu Elektronik (KPE) di pintu masuk Unram. Rencananya akan diuji coba pada minggu kedua bulan juni sampai dengan minggu pertama bulan juli. Cara ini dilakukan Untuk memperketat sistem keamanan di Unram.

Sampai saat ini pihak Unram belum menemukan solusi yang tepat untuk mengurangi tingkat pencurian di Unram. Pencurian yang sering terjadi di Unram membuat keresahan bagi mahasiswa dan juga para pegawai sehingga Unram mewacanakan akan memberlakukan KPE.

Wakil Rektor II, Kurniawan, mengundang perwakilan dari organisasi mahasiswa untuk membahas wacana Unram untuk memberlakukan sistem KPE. Diwakili oleh Ketua  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas dan beserta Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas.

Kartu Pintu Elektronik (KPE) ini akan dibuatkan oleh pihak Unram dan akan dibagikan ke seluruh mahasiswa di fakultas masing-masing. “Untuk kartu ini kita akan bagikan ke-seluruh mahasiswa secara gratis dan akan dibagikan di fakultas masing-masing” ujarnya.

Sedangkan orang yang tidak mempunyai KPE ini akan dikenakan tarif “wacana kita juga akan mengenakan tarif bagi orang yang tidak punya kartu” lanjut Kurniawan.

Di tempat yang sama Ketua BEM Universitas M. Amri Akbar menilai kalau Unram akan menerapkan KPE keseluruh mahasiswa dan civitas akademika hal yang wajar, namun Amri menolak memberlakukan tarif bagi yang tidak punya kartu.

“Kalau Unram menarik tarif masyarakat yang tidak punya kartu, maka Unram sangat eksklusif sekali ke masyarakat luas”. Ujar Amri

Amri juga berpendapat, pengabdian kepada masyarakat salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dijunjung tinggi, dan Unram sendiri harus mencari cara lain untuk pemberlakuan KPE kepada masyarakat yang tidak punya kartu.

Unram dinilai dengan memberlakukan penarikan kepada yang tidak mempunyai kartu, unram terkesan melakukan bisnis “Jangan sampai Unram mempraktikkan bisnis ke masyarakat sekitar walaupun unram sendiri sekarang sudah menjadi PTN BLU” kata Amri

Namun Unram sendiri masih akan memberlakuan KPE ini “Kita akan terus mengkaji dan mengikuti perkembangan. Selama tiga pekan itu kita akan tahu apa yang kurang dan kelebihannya pada KPE ini,” Pungkas Kurniawan. (mez)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles