26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Adakan Penyuluhan, KKN Desa Leming Manfaatkan Limbah

Lotim, MEDIA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) Desa Leming, Kecamatan Terara, adakan penyuluhan terkait dengan pemanfaatan limbah, terutama limbah jagung dan sekam padi, Sabtu(7/1).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa Leming untuk mengolah limbah pertanian terutama bonggol jagung yang banyak di temukan di desa Leming. Supaya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi sehingga dapat menunjang perekonomian desa.

Dalam penyuluhan ini dijelaskan bahwa pemanfaatan bonggol jagung bisa dimanfaatkan sebagai media pertumbuhan jamur janggel, yang memiliki nilai ekonomi serta dapat memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat akan jamur yang kaya protein.

Selain itu, kegiatan penyuluhan tersebut juga diisi dengan demonstrasi pembuatan media jamur janggel menggunakan limbah bonggol jagung.

Acara penyuluhan ini dibuka langsung oleh kepala Desa Leming, H. Ayunan yang dalam sambutannya sangat mengapresiasi program ini. Salah satunya adalah kegiatan penyuluhan pemanfaatan limbah jagung.

“Di Desa Leming bonggol jagung selama ini hanya menjadi limbah. Jadi dengan adanya kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini saya harap masyarakat dapat memaksimalkan potensi desa dengan mengolah limbah bonggol jagung menjadi suatu yang bernilai ekonomi,” harapnya.

Kegiatan penyuluhan ini kemudian di akhiri dengan pemberian 1200 bibit pohon diantaranya bibit Durian, bibit Nangka, bibit Mangga, dan bibit Mahoni kepada enam kepala Dusun di desa Leming. Sedangkan untuk penanaman bibit secara simbolis dilakukan di depan kantor desa Leming yang diwakili oleh Kepala Desa Leming H. Ayunan, Sekretaris BPD, dan tokoh masyarakat.

Kegiatan penyuluhan tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Leming dan turut hadir seluruh kepala dusun di Desa Leming, ibu PKK, tokoh masyarakat, serta masyarakat Desa Leming pada umumnya. (Zhr/Advetorial)

 

 

 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles