24.5 C
Mataram
Monday, June 17, 2024
spot_img

Bentuk Kelompok Usaha, KKN Desa Tempos Namai KUBe

Lobar, MEDIA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)- PLP Terpadu Universitas Mataram, membentuk kelompok usaha bersama yang diberi nama KUBe bekerjasama dengan Ibu Rumah Tangga yang berada di Dusun Tempos Utara, Desa Tempos, Kecamatan Gerung, Selasa(20/12).

Pembentukan kelompok usaha bersama ini merupakan salah satu program kerja utama KKN Terpadu Unram yang bertujuan untuk menyediakan wadah bagi ibu Rumah Tangga (IRT) sehingga dapat melakukan kegiatan yang produktif, disamping mengurus pekerjaan rumah tangga terutama yang berada di Desa Tempos, yang diharapkan dapat menjadi peluang terbukanya usaha sehingga berdampak terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga.

Kegiatan ini dimulai dengan memberikan sosialisasi pembentukan kelompok usaha bersama, kemudian dilanjutkan dengan mengadakan pelatihan pembuatan kripik pepaya yang merupakan produk yang ditawarkan untuk dikembangkan kedepannya.

“Tujuan kami mengundang Ibu rumah tangga kesini untuk membentuk kelompok usaha bersama yang nantinya dapat dikembangkan oleh ibu-ibu disini, produk yang kami tawarkan berupa kripik pepaya dengan bahan-bahan yang telah kami sediakan, kami memilih pepaya karena yang kami lihat di desa ini pepaya hanya di jual saja, tanpa diolah lebih lanjut. Sehingga kami ingin membuat inovasi baru dari pepaya yang masih muda dengan mengolahnya menjadi kripik yang memiliki nilai jual tinggi,” tutur Nur Hayatunnufus.

Ibu rumah tangga yang berada di Dusun Tempos Daye ini sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang di adakan oleh mahasiswa KKN-PLP Terpadu Unram, walaupun hanya dihadiri oleh beberapa orang saja, namun mereka juga ikut berpartisipasi langsung dalam proses pembuatan kripik pepaya.

“Baru pertama kali saya mendengar bahwa pepaya yang masih muda dapat di jadikan kripik, ini merupakan hal yang baru kami dapatkan, karena disini pepaya hanya dijual ke pasar saja bahkan dibuang-buang,” ungkap Rohmati.

Adapun susunan struktur dari kelompok usaha bersama ini terdiri dari Rohmati selaku ketua, Misrah sebagai sekretaris dan Lina wati sebagai bendahara. “Kami berharap semoga kelompok usaha bersama ini dapat terus berjalan dan berkembang dengan usaha yang inovatif agar dapat menjadi penghasilan tambahan ibu-ibu disini,” Sambungnya.

Kegiatan ini berlangsung sekitar pukul 16.00-18.00 Wita, di posko KKN yang dihadiri oleh anggota KUBe sejumlah 6 orang serta mahasiswa KKN sebanyak 10 orang dan berlangsung dalam keadaan yang kondusif sembari berbincang-bincang, kelompok usaha bersama ini juga mendapatkan dukungan dari Babinsa, BKD (Balai Keamanan Desa) serta Kepala Dusun Tempos Utara, Desa Tempos. (Mra/Advetorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles