29.5 C
Mataram
Monday, February 26, 2024
spot_img

Bantu Tingkatkan Taraf Perekonomian Warga, KKN-T UNRAM di Desa Kalijaga Selatan Berikan Pelatihan Anyaman Bambu

Lombok Timur, MEDIA – Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) di Desa Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur Memberikan pelatihan Anyaman Bambu kepada warga, Kamis – Sabtu (6/31 – 7/2).

Pandemi Covid-19 yang telah terjadi 2 Tahun belakangan ini telah memberikan banyak dampak kepada masyarakat baik itu dampak positif maupun negatif. Salah satu desa yang merasakan dampaknya ialah Desa Kalijaga Selatan. Masyarakat merasakan bahwasanya mereka merasa susah untuk mendapatkan pekerjaan bahkan uang untuk makan sehari-sehari pada saat pandemi terjadi.

Berangkat dari hal tersebut, Kelompok KKN Unram di Desa Kalijaga Selatan merasa peka akan keadaan yang terjadi, dengan melihat potensi bahan baku yang bisa digunakan di Kalijaga Selatan, untuk membuka peluang usaha dan pekerjaan bagi masyarakat Desa Kalijaga Selatan.

Pelatihan yang mereka berikan dibedakan menjadi 3 hari, yakni hari pertama untuk sosialiasi mengenai anyaman bambu, hari kedua sosialiasi mengenai tips dan trik penjualan dengan sistem digital marketing, sedangkan di hari ketiga pelatihan praktek secara langsung pembuatan anyaman bambunya.

Aryanda Permana selaku Ketua KKN-T UNRAM 2022 Desa Kalijaga Selatan, mengatakan bahwa “Kami mahasiswa Unram disini berusaha untuk membantu masyarakat di desa ini dengan memberikan pelatihan, juga memberikan ide-ide kami pada beberapa program kerja yang lain seperti bank sampah yang akan di laksanakan pada minggu kelima KKN.”

“Semoga kami dapat memberikan kesan hangat kepada desa kalijaga selatan dan dapat di kenang nantinya,” tambahnya.

Menanggapai hal tersebut, Warga merespon dengan sangat baik dan senang akan kehadiran mereka.

“Kami serasa dibantu dengan ilmu yang adik-adik berikan, karena sekarang kita jadi tau kalo buat kaya gini itu ternyata tidak mudah ya, kami tunggu ilmu yang lainnya,” ujar Sakinah, salah satu peserta pelatihan.

Mereka melaksanakan program kerja ini dengan niat untuk membantu masyarakat dan desa untuk perlahan-lahan bangkit di sektor perekonomiannya.

“Harapannya dengan pelatihan ini, masyarakat bisa membuat kerajinan sendiri kedepannya,” ungkap Mereka.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08:30 Wita sampai selesai. Dihadiri oleh warga dari berbagai Dusun di Desa Kalijaga Selatan dan Bertempat di Aula Kantor Desa Kalijaga Selatan.(Zhr/adv)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles