26.5 C
Mataram
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Cegah Banjir, Mahasiswa KKN Desa Mertak Bersihkan Drainase

Loteng, MEDIA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) mengadakan pembersihan drainase di lingkungan rumah masyarakat Dusun Bumbang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Minggu (08/1).

Hal demikian dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dari Dusun Bumbang Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Sebab, Jika terjadi banjir maka akses untuk keluar masuk menuju Taman Wisata Alam Gunung Tunak terhambat.

“Program Pembersihan drainase merupakan salah satu awal untuk mengurangi bencana banjir di desa mertak. Ini merupakan salah satu proker kelompok Kkn kami dan  merupakan salah satu langkah awal agar masyarakat sekitar peka terhadap hal tersebut. Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama disaat musim penghujan seperti sekarang,” Tutur Reza Rizki Sabilla, selaku Ketua KKN Desa Mertak.

Pemilihan lokasi pembersihan Drainase terlebih dahulu sudah disikusikan bersama karang taruna dan pemerintah desa (Pemdes), yaitu di Dusun Bumbang Desa Mertak Kecamatan Pujut Lombok Tengah, karena di dusun tersebut sering terjadi banjir akibat curah hujan yang tinggi, di sebabkan karena tersumbatnya drainase.

”Menurut Saya program drainase adalah program baik yang dilakukan oleh adik-adik KKN khususnya yang kemarin di daerah dusun bumbang, karena kebersihan sebenarnya tidak pandang usia dan saya juga sangat bersyukur karena program ini, terutama jika dapat di tambah lagi kegiatan drainase dibagian dusun awang dipinggir pantainya, serta kami sangat senang jika adik-adik dapat membantu dalam pembuatan plang jagalah kebersihan agar masyarakat paham akan adanya kebersihan sekitar untuk mengubah karakter masyarakat untuk sadar akan kebersihan”. Jelas kepala Desa Mertak, Moh. Syahnan.

Pembersihan drainase tetap difokuskan pada jalan yang menuju Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang berada di Dusun Bumbang Kecamatan Pujut Lombok Tengah, sampai menuju muara.

“Tanggapan saya kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh mahasiswa tematik unram adalah kegiatan yang sangat positif,  mengingat akhir-akhir ini hujan mengguyur sejumlah wilayah Kabupaten lombok tengah khususnya di Desa Mertak Kecamatan Pujut,” Ungkap Bhabinkamtibma Desa Mertak, Bripka Akhmad Gunarta.

 “Di samping bertujuan untuk pembersihan drainase untuk menata  lingkungan, gotong-royong ini adalah salah satu wadah untuk mempererat tali silaturrahim antar warga setempat serta untuk membangkitkan dan membangun kembali semangat gotong-royong dalam masyarakat. Saya sangat mengapresiasi kegiatan adek-adek kkn unram tersebut karena sangat bermanfaat dan bisa dirasakan sama masyarakat karena momentum kegiatan gotong royong dilaksanakan sesudah banjir,” sambungnya. 

Proses pelaksanaan program kerja ini dilakukan oleh Sepuluh orang anggota KKN Tematik Universitas Mataram Desa Mertak yakni, Reza Rizki Sabilla, Muh. Fitratul Akbar,  Syarifudin, Andhika Sukma Satria, Via Nita Ayu Khusnul F,  Rengganis Uci Yullanda, Diniatul Hanifa, Tina Egalana,  Nur Mira Azrina, Hidayatul Fatmi.

Babinsa Desa Mertak Kecamatan Pujut,  Labuh menegaskan bahwa Kegiatan gotong royong pembersihan drainase sangat bermanfaat dan perlu ditingkatkan

“Semoga dengan telah terlaksananya giat gotong royong pembersihan drainase di dusun bumbang nantinya menjadi contoh bagi dusun-dusun yang lain,” harapnya.

 Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00-14.00 Wita. Dan turut melibatkan Kepala Desa Mertak, Kepala Dusun Bumbang, Bhabinkamtibnas, Babinsa, karang taruna beserta warga masyarakat Dusun Bumbang Desa Mertak Kecamatan Pujut. (Zhr/Advetorial)

 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles