26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Dilanda Kekeringan, Himasos Distribusikan Air Bersih ke Jerowaru

Media Unram – Untuk membantu masyarakat yang mengalami krisis air bersih, Divisi Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) Unram memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat Dusun Kwang Adil, Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Sabtu (17/10).

Bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi NTB, mereka menyediakan tiga unit tangki air bersih.

Ketua Divisi, Abdul Ali Muttamima Amar Alhaq menjelaskan, kegiatan ini merupakan inisiatif anggotanya. “Kami dari tim pengabdian masyarakat telah melakukan survei terlebih dahulu, melihat data sebelum terjun langsung ke lokasi,” katanya.

Kemudian, lanjut Amar, kegiatan ini untuk mengajak masyarakat umum, khususnya anggota Himasos agar memperhatikan keadaan sekitar.

Sementara itu, Kepala Dusun Kwang Adil, Muhammad Hasan mengucapkan terima kasih kepada anggota Himasos dan pihak Dinas Sosial. Pasalnya, wilayah tersebut belum memiiki sumur dan saluran PDAM. Sumur yang di sana pun tidak bisa digunakan, karena airnya terasa asin. Terdapat 260 kartu keluarga (KK) di sana, sehingga masyarakat setempat harus membeli air.

“Warga membeli air satu tangki seharga 200 ribu, kalau di hotel-hotel 300 ribu. Kadang ada orang yang keliling jual air menggunakan cerigen. Ini yang dimanfaatkan warga sekitar meskipun harganya 4 ribu satu cerigen,” ungkap Hasan.

Kegiatan yang dilakukan pagi itu juga dihadiri Kapolsek Jerowaru IPDA ABDUL RASYID. Dia mengaku merasa bangga dengan kegiatan pengadaan air bersih ini.

“Saya juga berharap, nanti jika ada rezeki, jangan lupa di daerah Sekaroh juga sangat-sangat membutuhkan air bersih, sampai-sampai warga disana lebih membutuhkan air bersih daripada beras,” bebernya saat ditemui Media Unram.

Dilaksanakannya penyaluran air bersih di Dusun Kwang Adil ini karena melihat data dari pemerintah bahwa kesulitan air bersih masih banyak terjadi di Lombok Timur khususnya wilayah selatan.

Mengetahui ini masyarakat setempat langsung berbondong-bondong mengambil ember untuk mengisi air bersih. (san)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles