31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Fasilitas Kampus Tidak Memadai, Mahasiswa Faterna Geruduk Birokrasi

Unram, MEDIA- AC dan kipas angin mati, kursi, dan perlengkapan perpustakaan di Fakultas Peternakan kurang. Hal itu mengganggu kenyamanan mahasiswa saat melakukan perkuliahan dan aktivitas kampus lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa melakukan demostrasi di depan Gedung Faterna Unram, Kamis (27/10) pagi. Mereka menuntut seluruh fasilitas Faterna kampus.

Selain itu, massa aksi juga menuntut perbaikan fasilitas di luar ruangan kelas, seperti air, toilet, tempat wudu, atap musola, dan lapangan volly.

“Parkiran, monitor CCTV, penerangan, plafon gedung A, D, dan E juga harus segera diperbaiki,” kata salah satu Mahasiswa Faterna, Yudiatna Dwi Sahreza.

Kemudian, mereka juga meminta perlengkapan untuk kegiatan mahasiswa dilengkapi, seperti sound system di setiap kelas, pengadaan meja bundar, dan berugak.

“Selain perlengkapannya, pelayanan pegawai di ini juga masih kurang. Kami meminta pelayanan pegawai akademik juga diperbaiki,” lanjut pria yang akrab disapa Yudi.

Fasilitas-fasilitas kampus yang tidak memadai dirasa sangat mengganggu proses pembelajaran maupun aktivitas lainnya. Mulai dari panasnya ruangan kelas, ditambah dengan jumlah mahasiswa di ruangan tertentu yang banyak. Belum lagi minimnya kebersihan toilet, hingga tempat ibadah yang tidak nyaman.

Sementara itu, Ketua BEM Faterna Unram Rustomi Rifki Aftandi mengatakan, “Ruang kelas sangat panas, begitu juga dengan jumlah mahasiswa yang lumayan banyak di ruangan saat pembelajaran, Secara logika, sulit untuk mencerna pembelajaran ketika mahasiswa belajar dalam keadaan kelas yang gerah.”

“Ada AC dalam kelas, tidak bekerja, ini karena belum diperbaiki atau perawatannya yang masih kurang,” tambahnya.

“Pelayanan di bagian akademik Faterna juga tidak memberikan kenyamanan, terutama yang disajikan dengan kalimat-kalimat kotor dan tidak nyaman didengar,” tulisnya.

Dari aksi ini, mahasiswa Faterna Unram berharap poin yang diajukan saat aksi segera direalisasikan agar tidak ada lagi keluhan dari mahasiswa terkait fasilitas kampus yang sangat minim ini, sehingga kenyamanan dan efektivitas dalam melaksanakan pembelajaran bisa berjalan sesuai harapan.

Aksi ini berakhir pada pukul 13.02 Wita setelah massa aksi melakukan audiensi dengan kampus. Hasilnya, massa aksi diterima dan ditandatangani Dekan Faterna Unram, Dr. Ir. Maskur, M, Si.

“Tuntutan kami sudah ditandatangani dan disetujui dengan jangka waktu dua bulan, apabila jangka waktu tersebut tidak ada perubahan, maka kami siap untuk turun lagi dengan membawa masa aksi yang lebih banyak lagi,” ungkap Yudi. (spt/zhr) 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles