29.5 C
Mataram
Monday, February 26, 2024
spot_img

Gebrakan Baru aDC Nasional 2020: Lomba Debat Nasional Online Pertama di NTB

Media Unram – Untuk menfasilitasi  siswa dan mahasiswa dalam melatih kemampuan berpikir kritis terhadap isu lokal, nasional, dan internasional, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Argument Universitas Mataram (Unram) kembali mengadakan acara Argument Debating Championship (aDC).

aDC merupakan lomba debat Bahasa Inggris tingkat nasional yang diadakan setiap tahun dan menjadi agenda terbesar dalam program kerja UKM argUMent.Kali ini dengan tema “Embark in a Greater Adventure by Unleashing  Your Unlimited Potential”.

Berbeda dari tahun sebelumnya,  kali ini aDC dilaksanakan secara online. “Karena pelaksanaannya dilakukan di tengah pandemi, sehingga seluruh kegiatan lomba dilaksanakan secara daring,”  ungkap M. Azmil Umur selaku ketua panitia saat memeberi sambutan di Gedung Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram, Jumat (27/11).

Selain itu, aDC juga mengadakan lomba bagi siswa ditingkat SMA dan mahasiswa se-Indonesia, yaitu lomba public speaking dan writing opinion.

Azmil menjelaskan, setelah hari itu (pembukaan), pada 28 November 2020, dilaksanakan kegiatan debat yang diikuti berbagai perguruan tinggi di Indonesia via ZOOM dan ditayangkan secara langsung melalui akun youtube argUMent. Kemudian, pada 29 November 2020 merupakan puncak acara, yang diisi dengan rangkaian acara semifinal dan grandfinal dari lomba debat, serta webinar nasional.

Lebih jauh Azmil menjelaskan, pada tahun ini juga aDC mengundang Maerel Dhalia Arumnisa dari Universitas Diponegoro, Devi Shalsabila dari Universiats Airlangga , Deputy Chief of Adjudicators (DCA) 1 dan L.M Jagad Al Ula dari Universiats Mataram, Deputy Chief of Adjudicators (DCA) 2.

Usai memberi sambutan, anggota Media Unram berkesempatan menemui Azmil. Ia mengatakan, peserta lomba berasal dari berbagai sekolah dan universitas di Indonesia.

“Untuk Public Speaking diikuti sebanyak 15 mahasiswa untuk level Universitas dan 30 siswa untuk level SMA, sedangkan untuk lomba Writing Opinion diikuti 23 mahasiswa untuk level universitas dan 38 siswa untuk level SMA,” bebernya.

Kemudian, lanjutnya,  tujuan diadakanya acara ADC ini sebagai wadah untuk memfasilitasi siswa dan mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. “Sebagai ajang bagi siswa dan mahasiswa untuk menunjukkan kreatifitas diri,sebagai sarana pengembangan diri bagi siswa dan mahasiswa untuk melihat kemampuan dalam menganalisis isu nasional dan internasional,” bebernya.

Selain itu, untuk memaksimalkan peran siswa dan mahasiswa sebagai generasi pembawa perubahan menuju kemajuan negara Indonesia.

Diujung pembicaraanya, Ia berharap aDC mampu mencetak generasi bangsa yang memiliki jiwa dan pikiran kritis serta cerdas dalam menjawab tantangan global, dan permasalahan yang ada di masyarakat. (han)

 

 

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles