28.5 C
Mataram
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Hebat. Mahasiswa Unram Raih Juara Satu Lomba Pidato Konstitusi

Media Unram – Mahasiswa Unram, Fathul Hamdani, meraih jura satu lomba pidato konsitusi yang dilaksanakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 2 November 2019 di Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Pemenang lomba konstitusi 2019, Fathul Hamdani. (Foto: Tim)

Selain meraih juara pertama, ketua umum Forum Pengkaji Konstitusi (FORMASI) Fakultas Hukum Unram ini juga berhasil membawa piala tetap. Sebelumnya, pada tahun 2018, mahasiswa Unram, Novia Salfat Anggraini, pemenang lomba yang sama, mendapatkan piala bergilir Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana Bali sebagai juara umum.

Pada babak penyisihan, diformat dalam bentuk seminar, Hamdani bertindak sebagai keynote speaker, mempresentasikan pidatonya selama 15 menit, kemudian menjawab pertanyaan audiens dan dewan juri yang terdiri dari 3 pakar hukum termasuk dari pihak Mahkamah Konstitus (MK).

Selanjutnya, p

Pose saat Fathul Hamdani diberikan piala pada lomba pidato konstitusi (Foto: tim) .
ada babak semifinal, debat diformat dalam bentuk pendapat atau pandangan fraksi MPR dalam amandemen UUD presentasi 15 menit dan selanjutnya menjawab pertanyaan audiens dan dewan juri.

Pada babak final, alur diformat dalam bentuk pengujian undang- undang. Hamdani bertindak sebagai ahli pemohon. Sedangkan, peserta Universitas Cendana Kupang, bertindak sebagai termohon atau pemerintah dengan mosi debat pemilu serentak.

Dalam lomba yang bertempat di Pulau Bali ini, dewan Juri langsung dipimpin oleh salah satu perwakilan dari Mahkamah Konstitusi (MK), Dr. Fajar Alfian, SH.,MH.

Dalam Lomba Pidato Konstitusi tahun 2019 ini juga, Hamdani dibimbing intensif oleh Dr.M.Risnain, SH.,MH, namun berhalangan hadir mendampingi pada Lomba Pidato tersebut kemudian didampingi langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Mataram, H. Sofwan, SH.M.Hum. (adk)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles