31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Kades Gumantar Sambut Penerimaan Tim PPK Ormawa Unram Bersama LPPM Unram

Lombok Utara, MEDIA- Kepala Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara sambut penerimaan mahasiswa Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), disertai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram (Unram), bertempat di kantor Desa Gumantar pada Senin (22 /8).

PPK Ormawa adalah salah satu program unggulan Kemendikbud yang diikuti dan diseleksi dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Tim Universitas Mataram berhasil lolos dan didanai, dengan membawakan tema kesehatan ternak. Sebanyak 12 mahasiswa yang tergabung dalam tim tersebut berusaha mengimplementasikan posyandu ternak sebagai sentra pelayanan kesehatan ternak ruminansia di Desa Gumantar Lombok Utara.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Gumantar memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas program tersebut, terutama saat kondisi PMK seperti saat ini.

“Hadirnya adik-adik mahasiswa ini membantu kita dalam meningkatkan taraf kesehatan ternak didesa kita. Terlebih sekarang kita tahu banyak penyakit PMK, syukurlah dengan adik-adik ini telah membantu kita untuk mengatasi PMK yang ada di Desa Gumantar ini,” ucap Japarti. 

Jadi kami atas nama Pemerintah Desa Gumantar dan seluruh masyarakat Desa Gumantar menerima dengan senang hati adik-adik mahasiswa dari Unram untuk pengabdian di desa kami. Mudah-mudahan dengan adanya adik-adik mahasiswa ini, pembangunan dan kesehatan hewan yang ada di desa Gumantar ini bisa diatasi dengan baik,” lanjutnya. 

Kepala Desa Gumantar juga mengimbau masing-masing kepada dusun yang ada di Desa Gumantar untuk membantu membuat kader-kader yang berasal dari masing-masing dusun.

Selanjutnya untuk program yang akan dijalankan yaitu program posyandu. Posyandu dalam hal ini bukan untuk manusia melainkan untuk ternak dan ini merupakan program baru yang akan dijalankan didesa ini sebagai pelayanan sentra ternak ruminansia yang ada di dDesa Gumantar.

 “Kami ingin menyampaikan kepada bapak ibu sekalian bahwa disini kami berkegiatan selama 6 bulan hingga bulan Desember nanti. Disini kami beranggota 12 mahasiswa Fakultas Peternakan dengan program, merekam ternak untuk pendataan ternak yang ada di Desa Gumantar agar tercover datanya, yang kedua sosialisasi posyandu dan pembentukan kader dengan pelatihan-pelatihan tentang peternakan,” ucap Rosyidi sebagai ketua tim PPK Ormawa dalam sambutannya.

Rosyidi juga mengatakan bahwa jika program ini berjalan dengan lancar, kami akan melaksanakan kontes ternak dan semoga bisa dihadiri oleh bupati Lombok Utara. (adk/adv) 

Previous article
Next article
Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles