29.5 C
Mataram
Monday, February 26, 2024
spot_img

Kelompok Budidaya Lebah Madu Gandeng Himikom Tingkatkan Promosi Produk

Mataram, MEDIAUnram.com – Untuk mempermudah promosi digital produk yang dimiliki, perwakilan kelompok budidaya Lebah Madu Trigona mengikuti pelatihan desain visual Rabu, (10/11).

“Kurangnya kemampuan anggota kelompok dalam bidang promosi digital menghambat kami dalam menarik pelanggan baru, apalagi masyarakat saat ini lebih tertarik dengan visual desain yang bagus dan menarik,” kata Sairi, Ketua Kelompok Harapan Keluarga.

“Pelatihan desain ini juga merupakan permintaan khusus dari saya sendiri,” lanjutnya.

Pelatihan desain ini kemudian difasilitasi oleh tim Program Holistik Pemberdayaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himikom) Universitas Mataram (Unram).

Tim PHP2D Himikom Unram melihat kelompok Budidaya Lebah Madu Trigona di Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU) merupakan kelompok yang memerlukan pendampingan khusus mengenai aplikasi digital dan desain visual, karena aplikasi digital dan desain visual penting untuk meningkatkan engagement di media sosial.

Pelatihan desain ini dilatih langsung oleh Baiq Honey Cantika yang merupakan anggota tim PHP2D Himikom Unram, dan didampingi secara intensif oleh beberapa anggota tim lainnya yang memiliki keahlian dalam bidang desain.

Sebelum memulai pelatihan terlebih dahulu tim PHP2D Himikom Unram dengan anggota kelompok budidaya Lebah Madu Trigona, telah menyepakati aplikasi Canva sebagai media pelatihan.

Canva sendiri merupakan platform desain grafis yang digunakan untuk membuat desain grafis seperti poster, infografis dan desain visual lainnya di media sosial. Aplikasi ini tersedia di smartphone baik itu android maupun ios.

Pemilihan canva sebagai media pelatihan desain, karena supported device yang dimiliki anggota kelompok pada saat itu smartphone.  Sehingga dapat dengan mudah untuk dilatih dengan intensif.

“Bagi sebagian orang, menggunakan aplikasi Canva adalah hal yang mudah. Namun, bagi anggota kelompok budidaya Lebah Madu Trigona merupakan hal yang memerlukan pelatihan khusus, agar kedepannya bisa mengoperasikan aplikasi desain lainnya,” kata Sairi.

Sairi juga menjelaskan pelatihan ini sangatlah efektif, karena di akhir pelatihan para peserta diminta untuk membuat satu karya desain. Hal ini yang kemudian memudahkan para peserta pelatihan mudah untuk memahami penggunaan Canva.

“Pelatihan ini sungguh luar biasa, karena kami beberapa puluh persen sudah memahami bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut,” katanya.

Pelatihan yang berlangsung selama dua jam ini turut dihadiri oleh Zulhaqiqi, Bagian Pemasaran Kelompok Harapan Keluarga, Wawan Rizki, Anggota Kelompok Sari Kembang, dan Lalu Mujahidin, Anggota Kelompok Tunas Muda. (RNI)

 

 

 

 

 

 

 

 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles